Doa-doa yang diajarkan para Nabi dan Rasulullah

assalamu’alaikum…….

Alhamdulillah, pada hari yang berbahagia ini, saya akan kembali menuliskan beberapa doa, yang mana doa ini pernah dipanjatkan oleh para nabi dan utusan Allah.

Perlu diketahui, nabi dan utusan (rasul) Allah merupakan manusia-manusia pilihan Allah yang diberikan wahyu kepadanya. Namun ada sedikit perbedaan antara nabi dan rasul, nabi merupakan orang yang diberi wahyu oleh Allah namun tidak diperintahkan untuk menyampaikannya pada manusia. sedangkan rasul adalah seorang yang diberi wahyu juga dan ia diperintahkan untuk menyampaikan pesan dari wahyu tersebut.

Dalam al-Qur’an, Allah Swt hanya menyebutkan 25 nabi dan rasul saja. Namun, berdasarkan keterangan-keterangan dalam hadits jumlah nabi dan rasul itu sangatlah banyak, lebuh dari seratus ribuan. Akan tetapi, bagi kita ummat muslim, cukup mengetahui 25 nabi dan rasul yang terdapat dalam al-Qur’an saja.

Kembali ke pembahasan.

Nabi dan rasul merupakan orang-orang yang doanya amat dikabulkan oleh Allah Swt. Apapun permintaan mereka Allah pasti kabulkan. Nah oleh karena itulah, kita selaku ummat Islam sebaiknya meniru juga doa-doa yang dipanjtkan mereka, agar bisa dikabulkan juga oleh-Nya.

dalam tulisan ini, saya akan membawakan doa Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Sulaiman, dan Nabi Muhammad saw.

Doa Nabi Adam:

رَ‌بَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ‌ لَنَا وَتَرْ‌حَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِ‌ي

Artinya :

Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi (QS. Al A’raf : 23).
Doa Nabi Adam ini mengindikasikan kepada kita bahwa kita semua berbuat dzalim kepada diri kita sendiri. Oleh karena itulah kita diharuskan untuk meminta ampunan kepada-Nya.
Doa Nabi Nuh:

رَ‌بِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ‌ لِي وَتَرْ‌حَمْنِي أَكُن مِّنَ الْخَاسِرِ‌ينَ

 Artinya : Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakikat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi. (QS. Huud : 47).

Doa Nabi Ibrahim:

رَ‌بِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ
وَاجْعَل لِّي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الْآخِرِ‌ينَ
وَاجْعَلْنِي مِن وَرَ‌ثَةِ جَنَّةِ النَّعِيمِ

Artinya : Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang shalih. Jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan. (QS. Asy Syu’ara : 83-85)

Doa Nabi Sulaiman:

رَ‌بِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ‌ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْ‌ضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَ‌حْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

 Artinya :

Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih. (QS. An Naml : 19)

Doa Nabi Muhammad:

رَ‌بَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَ‌ةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Al Baqarah : 201)
Semoga bermanfaat….
Doa-doa yang diajarkan para Nabi dan Rasulullah | Shohibul Azka | 4.5