Doa iftitah (kedua) lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya

Assalamualaikum.. Alahmdulillah sampai hari ini kita masih diberi kenikmatan oleh Allah sehingga kita masih bisa menjalankan kewajiban kita selaku umat muslim yaitu shalat. Dalam melaksanakan shalat kita mengenal ada istilah syarat, rukun, wajib, sunah dan lain sebagainya. Kali ini kita akan membahas tentang salah satu doa yang ada di dalam shalat, yaitu doa iftitah. Ada beberapa bacaan iftitah dalam shalat, berikut salah satu doa iftitah lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya.

doa iftitah 2

Iftitah adalah salah satu bacaan didalam shalat yang dikerjakan setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca alfatihah. Hukum membaca doa ini yaitu sunnah, jadi tidak apa-apa bila tidak di bacapun, namun tidak mendapat keutamaan pahala dari kesunahan membaca doa iftitah.

Doa iftitah :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعاَلىَ جَدُّكَ وَلاَإِلَهَ غَيْرُكَ

“Subhaanaka Allahumma wabihamdika watabaarakas muka wata’alaa jadduka walaa ilaha ghairuka”

Artinya :

“Maha Suci Engkau wahai Allah, aku sucikan nama-Mu dengan memuji-Mu, Maha Berkah nama-Mu, Maha Luhur keluhuran-Mu dan tidak ada Tuhan selain Engkau”. (H.R. Abu Dawud).

Doa iftitah yang lainnya :

اَلْحَمْدُلِلَّهِ حَمْدًاكَثِيْرًاطَيِّبًامُبَارَكًافِيْهِ

“Alhamdulillaahi hamdan katsiiran thayyiban mubaarakan fiihi”

Artinya :

“Segala puji hanya bagi Allah dengan segala pujian yang sangat banyak, baik dan penuh berkah.” (H.R. Muslim dan Abu ‘Awanah).

Isinya yaitu memuji-muji akan kebesaran dan keagungan Allah dengan segala kemaha sucian-Nya, kemaha luhuran-Nya, kemaha esaan-Nya, kemaha baikan-Nya, kemaha berkahan-Nya dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat. Apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya tentang doa iftitah lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya ini. Wassalam..

Doa iftitah (kedua) lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya | admin | 4.5