doa iftitah (ketiga) lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasnnya

Assalamualaikum.. Sewaktu masih kecil kita sering ajari sama orang tua kita ataupun oleh guru ngaji tentang bacaan-bacaan sholat termasuk doa iftitah. Doa iftitah banyak macamnya, berikut doa iftitah lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya.

doa iftitah 3

Doa iftitah di baca ketika di dalam keadaan shalat, yaitu setelah takbiratul ihram, tangannya sedekap lalu baca doa iftitah, setelah selesai baru membaca surat fatihah.

اَللَّهُمَّ باَعِدْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ خَطَاياَيَ كَمَاباَعَدْ تَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ. اَللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَاياَيَ كَمَا يُنَقَّيْ الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدُّنَسِ. اللَّهُمَّ اغْسِلْنيْ مِنْ خَطَاياَيَ باِلْماَءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

“Allahumma baa’id bainii wabaina khataayaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi walmaghribi. Allahumma naqqinii min khathaayaaya kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi. Allahummagh silnii min khathayaaya bilmaai watstsalji walbaradi”

Artinya :

“Wahai Allah, jauhkanlah antara aku dengan kesalahanku sebagimana jauhnya timur dan barat. Wahai Allah, bersihkanlah aku dari kesalahanku sebagaimana di bersihkannya kain yang putih dari noda. Wahai Allah, cucilah segala kesalahanku dengan air, es dan embun”. (H.R. Bukhari dan Muslim).

Sholat itu isinya doa, maka segala bacaan yang ucapkan dalam sholat tidak terlepas dari bacaan doa, termasuk doa iftitah ini. Kita memohon kepada Allah agar kita terhindar dan di jauhkan dari semua kesalahan-kesalahan sejauh mungkin seperti antara barat dan timur, di bersihkan dari semua kesalahan-kesalahan seperti di bersuhkannya kain putih dari semua noda yang menempel padanya dan di cuci semua kesalahan kita dengan air, es dan juga embun.

Demikian penjelasan doa iftitah semoga bermanfaat. Bila ada kekuranagan dan kesalahan, mohon masukannya tentang doa iftitah lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya. Wassalam..

 

 

 

doa iftitah (ketiga) lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasnnya | admin | 4.5