Doa iftitah (pertama) lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasnnya

Assalamualaikum.. waktu kecil kita pernah di ajarkan tentang bacaan-bacaan shalat baik kala di guru ngaji maupun di madrasah diniyah. Hafalan doa shalat begitu hafalnya walaupun kita sendiri belum bisa baca tulis huruf arab. Tapi sekarang dengan semakin dewasa, bertambahnya beban fikiran doa-doa bacan shalat mulai lupa-lupa ingat bahkan total lupa sema sekali. Baik di sini kita akan belajar besama-sama, mengingat kembali hafalan kita dan bagi yang belum bisa silahkan baca latinnya. InsyaAllah dengan sering membaca dan mengulang-ulang dengan sendirinya kita akan bisa baca bahakan lancar dan hafal di luar kepala. Berikut saya tuliskan doa iftitah lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasnnya.

Doa iftitah hukumnya sunah di ucapkan ketika sholat dan di ucapkan antara tarbiratul ihram dan alfatihah dalm shalat.

doa iftitah 1

Doa iftitah pertama :

اَللَّهُ اَكْبَرْكَبِيْرًا, وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا, وَسُبْحَانَ للَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاَ

“Allahu akbar kabiira walhamdu lillaahi katsiira wabubhaa nallahi bukrataw wa ashilaa”

Artinya :

“Allah maha besar denga kebasarannya, segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya dan maha suci Allah sepanjang pagi dan sore.” (H.R. Muslim).

Doa iftitah kedua :

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيْفًامُسْلِمًاوَمَاأَنَامِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَاوَمَمَاتِيْ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمييْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذَالِكَ أُمِرْتُ وَأَنَامِنَ الْمُسْلِمِيْنَ.

“Wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin. Inna shalaatii wanusukii wamahyaayaa wamamatii lillaahirabbil ‘aalamiin. Laa syariikalahuu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.”

Artinya :

“Ku hadapkan wajahku kepada Tuhan pencipta langit dan bumi, padahal aku dalam keadaan lurus dan menyerah diri dan aku bukanlah bagian dari golongan orang-orang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku aku serahkan kepada Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan begini aku di perintah. Kini aku benar-benar menjadi muslim.” (H.R. As-Nasaai).

Allah yang maha besar dan maha segalanya, kita memuji-Nya dan mensucikan-Nya sepanjang masa. Lalu kita menghadap Allah menyerahkan diri ini kepada penguasa langit dan bumi dan pernyataan bahwa kita bukan dari kalangan orang-orang musyrik. Sesungguhnya kita shalat, beribadah, hidup dan mati kita serahkan semuanya kepada Allah SWT. Dzat yang tidak ada sekutu baginya dan kita termasuk dari kalangan orang-orang muslim yang taat dan patuh kepada-Nya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamii. Apa bila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya tentang doa iftitah lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasnnya ini. Wasslam..

Doa iftitah (pertama) lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasnnya | admin | 4.5