Doa manakala akan mempelajari al-Qur’an, disertai dengan latin dan terjemahnya

Allah Swt sebagai Tuhan semesta alam sangat begitu perhatian pada hamba-hamba-Nya. Ia tak menelantarkan hamba-Nya begitu saja. Sebagai bukti Ia sayang pada hambanya adalah Ia mengutus Nabi Muhammad Saw ke tengah-tengah ummat Manusia.

Nabi Muhammad inilah yang menyampaikan segala apa yang difirman Tuhan kepada kita semua. Melalui Nabi Muhhamd, Allah memberi pesan kepada manusia agar selalu mentaati-Nya, menjauhi segala larangan-Nya, dan yang paling penting adalah agar kita tidak menyekutukan-Nya.

Sebagai bukti lain bahwa Allah sungguh sayang kepada hamba-Nya adalah Ia telah menrunkan al-Qur’an pada kita semua. Al-Qur’an inilah yang menjadi pegangan hidup di dunia bagi manusia agar jalan hidupnya tidak tersesat.

Di dalam al-Qur’an, Allah Swt telah banyak mengingatkan kita akan keagungan-Nya. Allah pencipta alam semesta, dan pencipta segala sesuatu yang berada dalamnya, Allah yang menciptakan langit dan bumi, Allah yang menciptakan makhluk-Nya berpasang-pasangan, semua itu termaktub dalam al-Qur’an.

Al-Qur’an juga memuat berbagai kisah-kisah orang terdahulu untuk diambil hikmahnya oleh kita sebagai ummat yang belakangan. Segala yang tertulis dalam al-Qur’an juga bisa dibuktikan dengan fakta ilmiah. Seperti sebuah penelitian mengenai jasad fir’aun, seorang raja pada zaman Nabi Musa yang mengaku sebagai tuhan, yang mana jasadnya itu bisa ditemukan oleh salah seorang peneliti dari Prancis, sehingga dengan kejadian inilah dia kemudian  masuk Islam.

Banyak ayat lain yang fakta ilmiahnya sudah bisa dibuktikan. Sebagaimana dalam salah satu ayat al-Qur’an disebutkan bahwa rembulan telah terbelah. Jauh haru setelah itu, yakni empat belas abad kemudian diadakan sebuah studi penelitian ke bulan, dan betul saja, sesampainya peneliti ke sana, ia melihat seperti ada bekas belahan di bulan tersebut. Subhanallaaaaahhhh…..

Karena dahsyatnya al-Qur’an ini, yang juga menunjukkan bahwa al-Qur’an benar-benar datang dari Allah, manusia pernah ditantang oleh-Nya melalui lisan Nabi Muhammad untuk mendatangkan yang semisal al-Qur’an. Walhasil, mereka tidak sanggup untuk mendatangkan yang semisalnya.

Nah, setelah teman-teman mengetahui betapa dahsyatnya al-Qur’an itu, sebaiknya teman-teman lebih giat lagi mempelajari dan membacanya.

Dalam postintan ini, saya akan menuliskan sebuah doa yang sebaiknya dibaca manakala akan mempelajari dan membaca al-Qur’an. Berikut ini doanya:

اَللهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

ALLOOHUMMAFTAH ‘ALAYYA HIKMATAKA WANSYUR ‘ALAYYA ROMA TAKA WA DZAKKIRNII MAANASIITU YAA DZAL JALAALI WAL IKROOMI

 Artinya :
Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

Ya demikian itu merupakan salah satu doa yang sebaikya dipanjatkan manakala akan mempelajari al-Qur’an. Dengan membaca tersebut, inysa Allah akan lebih mudah dalam mempelajarinya. amiiin

Doa manakala akan mempelajari al-Qur’an, disertai dengan latin dan terjemahnya | Shohibul Azka | 4.5