Doa masuk dan keluar masjid lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya

Assalamualaikum.. Alhamdulillah bertemu kembali dalam tafaqqahu fiddin, memperdalam mempelajari agama islam. Umat muslim tidak bisa terlepas dari bangunan yang di sucikan ini, yaitu masjid. Masjid di samping sebagai simbol agama islam juga sebagai tempat ibadah, pusat kegiatan islami dan lain sebagainya. Masjid sebagai baitullah (rumah Allah) tentu kita masuk kedalamnya maupun keluar darinya tidak sembarangan, ada adab dan doanya. Berikut doa masuk dan keluar masjid lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya.

doa masuk masjid

Hendaknya berangkat ke masjid, entah itu mau shalat ataupun lainnya, niatkan dengan tujuan yang baik, bersihkan anggota tubuh maupun pakaian dari kotoran dan najis, berpakaian sesopan mungkin dan sebaik mungkin, terlebih ketika hendak shalat, selalu menjaga ketertiban dan kenyamanan di dalam masjid. Masuk dahulukan kaki kanan terlebih dahulu.

Berikut doa masuk masjid :

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

“Allahummaftah lii abwaaba rahmatik”

Artinya:
“Wahai Allah, semoga Engkau membukakan untukku pintu-pintu rahmat-Mu”
Dengan perantara memasuki masjid kita memohon kepada Allah semoga Allah memberikat rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita.
Berikut doa keluar masjid :

اللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

 “Allahumma innii as aluka min fadhlik”
Artinya:
“Wahai Allah, sungguh aku memohon keutamaan dari-Mu”
Dengan perantara kita setelah beraktifitas/ibadah di dalam masjid, kita keluar dari masjid memohon agar Allah memberikan keutamaan baik di dunia maupun di akhirat.
Keluar dari masjid gunakan kaki kiri terlebih dahulu. Selama di dalam masjid tidak boleh mengotori, merusak, manggangu dan lainnya. Bagi yang sedang berhadats besar di haramkan masuk di dalam masjid, entah itu hendak duduk maupun sekedar lewat.
Semoga bermanfaat, apa bila ada kekurangn dan kesalahan mohon masukannya tentang doa masuk dan keluar masjid lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya ini.
Doa masuk dan keluar masjid lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya | admin | 4.5