Doa mau belajar dan sesudah belajar lengkap dengan latin dan terjemahannya

Mencari ilmu adalah sebuah kewajiban bagi ummat Islam, karena Nabi sendiri yang mengatakan bahwa mencari ilmu hukumnya wajib, baik bagi muslim laki-laki maupun perempuan.

Dalam al-qur’an pun dijelaskan bahwa Allah memerintah kita untuk membaca. Sebagaimana yang terkdandung dalam surat al-‘alaq ayat 1-5, di situ terdapat kata iqra’. Kata iqra’ berasal dari kata qoro’a-yaqro’u-qira’atan-iqra’, yang merupakan sebuah kata perintah untuk membaca. Dalam kaidah tafsir, manakala ada perintah dalam al-Qur’an, maka hukumnya wajib, namun ada juga perintah yang menunjukkan anjuran. Jika disimpulkan, Allah memerintahkan kita untuk mencari ilmu, karena membaca merupakan gerbang utama untuk memasuki dunia pencarian ilmu tersebut.

doa mau belajar

Proses menuntut ilmu dilakukan dengan belajar. Baik itu dengan membaca ataupun belajar pada guru.

Namun terkdang, kita kesulitan sekali dalam memahami pelajaran, meski sudah membaca dan mengkajinya berkali-kali. Hal itu mungkin kondisinya kurang fokus, ataupun karena faktor lainnya.

Hal itu bisa diatasi dengan berwudhu’ terlebih dahulu,  berdoa,kemudian memfokuskan diri untuk belajar baru memulai membaca. inysa Allah, jika hal ini dilakukan akan memudahkan proses memahami pelajaran.

Berikut ini adalah doa ketika mau belajar, disertai huruf latin, dan terjemahannya:

يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا

YAA ROBBI ZAIDNII’ILMAN WARZUQNII FAHMAN

Artinya :

Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman.

اَللهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَ وَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

ALLOOHUMMA AKHRIJNAA MIN DZULUMAATILWAHMI WA AKRIMNAA BINUURIL FAHMI WAFTAH’ALAINAA BIMA’RIFATIKA WASAHHIL LANAA ABWAABA FADL-LIKA YA ARHAMAR ROOHIMIINA

Artinya :

Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.

Dan jangan lupa juga, setelah belajar, baca doa lagi.

Berikut ini doanya:

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

ALLOOHUMMA INNII ASTAUDI’UKA MAA ‘ALLAMTANIIHI FARDUD-HU ILAYYA ‘INDA HAAJATII WA LAA TANSANIIHI YAA ROBBAL ‘ALAAMIINA

Artinya :

Ya Allah! sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam.
Demikianlah doa-doanya, semoga dengan berdoa, proses belajar kita dimudahkan…. amiiiiin….
Doa mau belajar dan sesudah belajar lengkap dengan latin dan terjemahannya | Shohibul Azka | 4.5