Doa memakai pakaian lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya

Assalamualikum.. Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah yang selalu memberikan limpahan rizkinya kepada kita semua. Baik kali ini kita akan belajar tentang doa memakai pakaian. Pakaian merupakan kebutuhan dasar setiap manusia setelah kebutuhan pangan dan papan. Pakaian berguna untuk menutupi aurat dan aib kita, juga untuk melindungi dari dari panas/dinginnya cuaca. Bahkan sekarang pakaian merupaka fashion, bukan lagi sebagai pelindung tapi sudah menjadi gaya hidup dengan berbagai macam rancangan busana sehingga menjadikan pemakainya lebih elok dan enak di pandang. Berikut doa memakai pakaian lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya.

memakai pakaian

Hendaknya ketika memakai pakaian dari tangan kanan dulu baru kiri. Entah itu baju maupun celana. Juga kenakanlah pakaian yang layak dan patut, yang menutupi aurat. Sehingga kita terhindar dari fitnah pandangan mata jahat.

Doa memakai pakaian :

الْحَمْدُلِلَّهِ الَّذِى كَسَانِى هَذَا (الثَّوْبَ) وَرَزَقْنِيْهِ مِنْ غَيْرِ تَوْلٍ مِنِّى وَلَاقُوَّةٍ

Alhamdu lillahilladzii kasaanii hadzaa (ats-tsauba) wa razaqaniihi min ghairi taulin minni walaa quwwatin

Artinya :

“Segala puji hanya bagi Allah yang memberikan  pakaian ini kepadaku  sebagai rezeki dari pada-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku.”

Doa memakai pakaian baru

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِمَا صَنَعُ لَهُ وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا صَنَعُ لَهُ

Allahumma lakalhamdu anta kasautaniihi as aluka min khairihi wa khairimaa shana’u lahu wa a’uudzubika min syarrihi wa syarrimaa shana’u lahu

Artinya :

“Wahai Allah engkaulah dzat yang memberikan pakaian ini kepadaku. Aku memohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan yang ia ciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan dan kejahatan yang ia ciptakan karenanya.” (H.R. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Memohon kepada Allah agar kita di berikan kebaikan dari apa yang kita kenakan dan dijauhkan dari keburukan yang ada pada pakaian ini. Karena bagaimana pun juga pakaian yang pakai nanti di akhirat akan menjadi saksi bahwa kita memakai dalam hal apa, baik itu untuk kebaikan maupun untuk keburukan.

Semoga bermanfaat. Apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya tentang doa memakai pakaian lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya ini. Wassalam..

Doa memakai pakaian lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya | admin | 4.5