Doa meminta perlindungan untuk anak yang diajarkan Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim

Setiap orang tua di dunia ini, di mana pun ia berada, dan siapapun orangnya pastilah berharap anaknya menjadi anak yang terbaik, berguna bagi agama, nusa dan bangsa, dan tentunya bisa berbakti padanya juga.

Karena anak adalah aset yang sangat berharga, yang harus dijaga dan didik dengan betul-betul oleh kedua orang tuanya.

Banyak orang tua dalam membuktikan kepedulian terhadap anaknya dengan berbagai tindakan.Sebagaimana bisa dilihat sendiri di sekitar kita, tetangga kita, saudara-saudara kita, mereka yang mempunyai anak tentunya sangat perhatian pada anaknya.

Terkadang, ada yang memarahi karena bandel. Ada juga yang mencegah anaknya melakukan perbuatan yang dianggap membahayakannya.

Bukan berarti dimarahi atau dicegah melakukan sesuatu orang tua tidak sayang. Itu semua dilakukan tiada lain sebagai bentuk peduli orang tua, dan menunjukkan betapa sayangnya mereka terhadap anaknya itu.

Tapi ingat, sebagai orang tua juga harus tetap selalu mendoakan anaknya itu, agar dijadikan anak yang shalih dan shalihah. Kerena jika hanya mendidiknya saja tanpa didoakan, seolah kurang sempurna.

Salah satu yang dianjurkan pada orang tua adalah mendoakan agar anaknya itu dijaga oleh Allah Swt. Perlindungan di sini bisa mencakup agar tidak diganggu setan, ataupun makhluk lainnya yang berwatak sama sepertinya.

Dalam postingan kali ini, saya akan menuliskan sebuah doa yang pernah terucap dari lidah orang-orang pilihan Allah, yakni Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim. Kedua kekasih Allah tersebut diriwayatkan pernah mendoakan keturunan mereka agar diberi perlindungan oleh-Nya.

Gak sabar pengen tahu seperti apa doanya? Sabar ya, hehehe…….

Nah ini dia doanya:

Doa Nabi Muhammad untuk kedua cucunya:

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّة
U’IIDHUKUMAA BIKALIMAATIL LAAHIT TAAMMATI MIN KULLI SYAITHOONIN WA HAAMMATIN WAMINKULLI ‘AININ LAAMMATI

Artinya :
“Aku memohon perlindungan dengan kalimat Allah yang sempurna untuk kalian berdua, dari gangguan setan dan binatang berbisa, dan dari pandangan mata (ain) yang membuat sakit.”

Doa tersebut diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma. Kemudian ia melanjutkan, bahwa Nabi kemudian bersabda:

كان أبوكم يعوذ بهما إسماعيل وإسحاق

Artinya :

“Ayah kalian (Ibrahim) memohon perlindungan untuk Ismail dan Ishaq dengan kalimat doa tersebut.” (HR. Abu Daud).
Dalam riwayat lain disebutkan:
أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّة

 Artinya :

“Aku memohon perlindungan dengan kalimat Allah yang sempurna untuk kalian berdua, dari gangguan setan dan binatang berbisa, dan dari pandangan mata (ain) yang membuat sakit.”

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَوِّذُوا بِهَا أَبْنَاءَكُمْ، فَإِنَّ إِبْرَاهِيمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ، كَانَ يُعَوِّذُ بِهَا ابْنَيْهِ إِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ

Artinya :

“Jadikanlah kalimat ini untuk memohon perlindungan dari gangguan setan bagi anak kalian. Karena Ibrahim ‘alaihis salam, beliau memohon perlindungan untuk Ismail dan Ishaq dengan kalimat doa tersebut.”
Pada lafadz أعيذكما (yang artinya: Aku memohonkan perlindungan untuk kalian berdua) bisa diganti dengan أعيذك (Aku emohonkan perlindungan untukmu) atau أعيذكم (Aku memohonkan perlindungan untuk kalian), manakala anaknya ada satu atau lebih dari dua.
Doa meminta perlindungan untuk anak yang diajarkan Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim | Shohibul Azka | 4.5