Doa Nabi Musa agar bisa tampil pede dan bisa membukakan hati

Doa yang akan saya cantumkan di sini merupakan doa yang pernah dibaca oleh Nabi Musa manaka mau menghadapi Fir’aun dan kaumnya yang sangat angkuh. Fir’aun mengaku sebagai tuhan, dan kaumnya diperintah untuk menyembahnya. Kaumnya lalu mengikuti apa yang diperintahkan oleh rajanya tersebut, yakni patuh menyembahnya.

Kala itu, kaumnya Nabi Musa, yakni Bani Israil, sedang dijadikan budak oleh bangsa Fir’aun. Bertahun-tahun lamanya Bani Israil hidup dalam penindasannya. Hingga akhirnya Allah swt mengangkat Musa menjadi Nabi sekaligus menjadi utusannya (Rasulullah) untuk menyampaikan risalah tauhid kepada Fir’aun dan kaumnya, sekaligus diperintahkan untuk membebaskan Bani Israil dari perbudakannya.

doa pembuka hati

Nabi Musa sendiri berasal dari Bani Israil yang mana pada masa bayinya sampai tumbuh dewasa diasuh oleh keluarga Fir’aun.

Pada masa sebelum Musa diasuh oleh keluarga kerajaan, Fir’aun sendiri pernah bermimpi suatu hari nanti kerajaannya akan dihancurkan oleh seorang pemuda. Keesokan harinya, fir’aun  mengumpulkan orang-orang kepercayaannya untuk menafsirkan arti dari mimpi yang dialaminya tersebut. Mereka kemudian menjawab bahwa suatu saat nanti ia akan dihancurkan oleh pemuda Bani Israil. Mendengar penjelasan seperti ini, fir’aun langsung memerintahkan para tentaranya untuk membunuhi setiap bayi laki-laki yang dilahirkan oleh kaum Bani Israil.

Atas perintah ini, para tentaranya kemudian menjalankan pembunuhan bayi laki-laki. Sehingga sudah tak terhitung lagi karena betapa banyaknya bayi laki-laki yang dibunuh oleh mereka.

Namun berkat pertolongan Allah, saat Musa dilahirkan, ia dihanyutkan dengan menggunakan sejenis peti oleh ibunya ke sungai nil. Hingga pada akhirnya, peti tersebut terdampar tepat di dekat kerajaan fir’aun dan kemudian diambil oleh istrinya. Ia pun kaget setelah mengetahui dalamnya isi peti tersebut terdapat bayi. Awalnya Fir’aun menolak untuk menerinya di kerajaan dan bersihkukuh untuk tetap membunuhnya, tapi kemudian ujung-ujungnya ia menerimanya juga karena iba pada istrinya tersebut.

Singkat cerita, Nabi Musa pun tumbuh dewasa dan ada kendala konflik yang menderanya yang mengakibatkan Ia akan dihukum mati.

Lalu ia pun kabur ke suatu daerah, dan di situ Ia beretmu dengan Nabi Syu’aib yang kemudian menjadi pembimbingnya.

Setelah sekian lama, Nabi Musa akhirnya diperintah oleh Allah swt untuk mendakwahkan ketauhidan pada Fir’aun dan kaumnya sekaligus membebaskan Bani Israi.

Sebelum berangkat, Nabi Musa berodoa pada Allah:

رَبِّ اشْرَحْ لِىْ صَدْرِىْ وَيَسِّرْلِىْ اَمْرِىْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِىْ يَفْقَهُوْاقَوْلِى

ROBBISY ROHLII SHODRII WA YASSIR LII AMRII WAHLUL ‘UQDATAM MIL LISAANII YAFQOHUU QOULII

Artinya :

Ya Allah, ya Tuhanku lapangkanlah untukku dadaku, mudahkanlah untukku urusanku, uraikanlah simpul pengikat lisanku, agar mereka memahami perkataanku.

Pada intinya, Nabi Musa meminta agar ia tidak gerogi dan berbicaranya lancar serta meminta agar orang yang mendengar perkataannya paham.

Allah pun mengabulkan doanya tersebut. Manakala ia mendakwahi kaum fir’aun, ada sebagian yang ikut beriman bersamanya. Dan pada akhirnya, Bani Israil juga bisa dibebaskan dari perbudakan fir’aun. Namun fir’aun sendiri tidak mau beriman pada Nabi Musa hingga pada ujungnya ia ditenggelamkan oleh Allah di dasar lautan.
Nah dari cerita Nabi Musa ini, temen-temen bisa mengambil hikmahnya seperti apa. Dan bisa juga doa yang dibaca oleh Nabi Musa kita amalkan, yang mana gunanya adalah agar diberi kelegahan hati (bisa tampil percaya diri) dan kemudahan berbicara serta meminta agar yang mendengarkan ucapannya bisa dipahami.
Doa Nabi Musa agar bisa tampil pede dan bisa membukakan hati | Shohibul Azka | 4.5