Doa Mau Naik Kendaraan Lengkap Dengan Arab, Latin, dan Artinya

Doa Mau Naik Kendaraan – Assalamualaikum.. Hai para sahabat, kita ketemu lagi. Semoga Allah merahmati dan meridhai pertemuan ini, aamiin. Semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang muslim yang shalih dan para penncari ilmu, aamiin.. Pernah bepergian naik kendaraan? pasti pernah dong ya. Entah jarak dekat ataupun jarak jauh. Kendaraan itu terbagi menjadi tiga kelompok, darat, laut dan udara. Darat seperti sepeda, becak, sepeda motor, mobil, kereta; laut seperti perahu, kapal; udara seperti pesawat, helikopter. Menaiki kesemuannya itu tentunya ada doanya, yaitu doa naik kendaraan lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya.

Hendaknya berkendara harus memperhatikan etika, kelengkapan, fisik kendaraan dan keselamatan berkendara. Sebelum berkendara niatkan tujuannya yang baik, syukur-syukur untuk ibadah, cek fisik kendaraan apa ada yang harus di perbaiki, cek fisik stamina kesehatan pengendaranya juga, lengkapi pengendara dengan perlengkapan keamanan berkendara, lengkapi dokumen-dokumen kendaraan, bawaan tidak melebihi kapasitas beban maksimal kendaaran, taat lalu lintas, patuhi rambu-rambu, hargai pengendara lain, konsumsi obat mabuk kendaraan dan selalu berhati-hati.

doa naik kendaraan

Doa Sebelum Naik Kendaraan

سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

“Subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadzaa wamaakunna lahu muqriniin, wa innaa ilaa rabbinaa lamungqalibuun”

Artinya :

‘’Maha Suci Dzat yang telah menundukkan bagi kami kendaraan ini padahal sebelumnya kami tidak dapat menguasainya dan sesungguhnya kepada Rabb-lah kami akan kembali….’’

Maha Suci Allah yang telah menundukan kendaraan ini kepada kami sehingga kami bisa menggunakan kendaraan tersebut dan kami berserah diri kepada Allah bahwa kita semua milik Allah, datang dari Allah dan akan kembali lagi kepada Allah, kami memohon keselamatan saat dalam perjalanan.

doa naik kapal laut

Doa Sebelum Naik Kapal Laut

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

“Bismillaahi majreehaa wamursaahaa inna rabbii laghafururrahiim”

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Hud, ayat 41).

Dengan selalu menyebut nama Allah ketika kita berangkap naik kapal/perahu begitupun juga ketika berlabuh di dermaga. Kemudian pengakuan bahwa Allah Maha Pemaaf juga Maha Penyayang. Kita memohon semoga Allah menyelamatkan kita saat berkendara di atas lautan.

Dimana pun, kapan pun dan siapa pun, tidak melihat tempat, waktu dan orangnya kecelakaan itu akan mengintai kita. Semoga kita di selamatkan dari mara bahaya yang akan menimpa kita semua, aamiin. Semoga bermanfaat dan apa bila ada kekurangan dan kesalahan, mohon masukannya untuk doa naik kendaraan lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya ini. Wassalamualikum..

Doa Mau Naik Kendaraan Lengkap Dengan Arab, Latin, dan Artinya | admin | 4.5