Doa sebelum dan bangun tidur 1 lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya

Assalamualaikum.. Puji syukur kepada Allah SWT., kita masih bisa merasakan segarnya pernafasan, jernihnya penglihatan dan indahnya pendengaran. Dalam semua indra itu tentu membutuhkan istirahat karena kelelahan beraktifitas seharian, apa lagi jika beberapa hari tidak beristirahat tentu sangat mengganggu sekali terhadap kesehatan kita, baik tubuh maupun psikis. Oleh karenanya kita juga harus perhatian dengan tubuh kita sendiri dengan diberikannya kesempatan untuk beristirahat. Untuk orang dewasa istirahat (tidur) itu sekitar 7 jam, remaja sekitar 8 jam, anak-anak tentu lebih banyak apa lagi balita. Berikut saya bagikan doa sebelum dan bangun tidur (1) lengkap dengan arab, latin, arti dan penejelasannya.

Hendaknya tidur jangan terlaru larut malam karena akan mengurangi porsi tidur kita, bangun juga akan kesiangan dan terasa akan letih. Sebelum tidur juga berwudhu terlebuh dahulu dan posisi tidurnya kepala di bagian utara, miring mengahadap ke barat.

Doa sebelum tidur (1)

اَللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ, وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ اِلَيْكَ وَالْجَأْتُ ظَهْرِيْ اِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً اِلَيْكَ, لَامَلْجَأً وَلَامَنْجَى مِنْكَ إِلَّااِلَيْكَ, بِكِتَابِكَ اَّلذِىْ أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ

‘Allaahumma aslamtu nafsii ilaika wawajjahtu wajhii ilaika, wafawwadhtu amrii ilaika walja’tu zhahrii ilaika raghbatan warahbatan ilaika, laa malja a walaa manjaa minka illaa ilaika, bikitaabikal ladzii anzalta wabinabiyyikal ladzii arsalta.

Artinya :

“Wahai Allah, aku berserah diri kepada-Mu, aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku menyerahkan diri segala urusanku kepada-Mu, aku menyandarkan punggungku kepada-Mu lantaran mengharap dan takut kepada-Mu. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari (ancaman)-Mu kecuali hanya kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab-Mu yang Engkau turunkan juga (aku beriman) kepada nabi-Mu yang Engkau utus”. (H.R. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

Kita pasrah sepenuhnya kepada sang pemilik segalanya agar menjaga kita dari sesuatu yang akan mengganggu kita.

bangun tidur

Doa bangun tidur (1)

اَلْحَمْدُ لِّلِه الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ الُّنشُوْرُ

Alhamdulillaahilladzii ahyaanaa ba’dama amaatanaa wailaihin nusyuur.

Artinya :

“Segala puji hanya bagi Allah yang membangunkan kami setelah di tidurkan-Nya dan kepada-Nya di bangkitkan.” (H.R. Bukhari).

Memuji kepada Allah atas kenikmatan kita bisa di hidupkan kembali dari tidur kita. Malam ini kita tidur padahal kita sendiri tidak tahu apakah besok kita akan bisa bangun tidur lagi atau akan tertidur selamanya.

Semoga bermanfaat. Apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya tentang doa sebelum dan bangun tidur (1) lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya ini. Wassalam..

Doa sebelum dan bangun tidur 1 lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya | admin | 4.5