Doa sebelum dan bangun tidur (2) lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya

Assalamualaikum.. Alhamdulillah kita bertemu kembali untuk belajar tentang doa-doa sehari-hari. Jika dulu kita telah belajar doa sebelum tidur dan doa bangun tidur yang pertama, sekarang kita akan belajar doa sebelum tidur dan doa bangun tidur yang ke dua. Bagi yang belum bisa/belum lancar baca huruf arabnya, saya sertakan pula fersi latinnya biar mudah di baca juga artinya agar tahu arti dari apa yang kita baca. Berikut doa sebelum dan bangun tidur (2) lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelsannya.

sebelum-tidur

Hendaknya sebelum tidur untuk tidak makan terlebih dahulu, apa lagi sampai kekenyangan atau tidak terlalu lapar karena akan menggangu kenyamanan tidur. Sikat gigi agar terhindar dari sakit gigi. Berwudhu agar tidur dalam keadaan suci sehingga malaikat menjaga kita dari setan yang akan menutup telinga kita dari suara adzan shubuh atau setan yang menyelimuti tubuh kita sehingga tidur terasa nyenyak sampai kelewat waktu shubuh. Berdzikir, shalawat juga berdoa.

Doa sebelum tidur (2)

بِاسْمِكَ رَبّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ وَبِكَ أَرْفَعُهُ فَإِنْ اَمْسَكْتُ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bismika rabbii wadha’tu janbii wabika arfa’uhu fa in amsaktu nafsii farhamhaa wa in arsaltahaa fahfazdhaa bimaa tahfazda bihi ‘ibadakash shalihiin.

Artinya :

“Dengan nama-Mu wahai Tuhanku, aku meletakkan lambungku dan dengan nama-Mu pula aku bangun dari padanya. Apabila Engkau menahan ruhku (meninggal dunia), maka berikanlah rahmat kepadanya. Namun apabila Engkau mengutus (mengembalikan)nya, maka peliharalah sebagaimana Engkau memelihara hamba-hambu-Mu yang shalih.” (H.R. Bukhari, Muslim dan Tirmidzi).

Kita menyerahkan diri ini kepada Allah dari apa yang kita punyai. Baik raga maupun harta, ruh pun juga. Apabila ruh kita di cabut, semoga diberikan kasih sayang dari Allah dan apabila tidak mengambilnya semoga Allah memelihara sebaik mungkin sebagaimana Allah memelihara ruh-ruh para hamba Allah yang shalih.

Doa bangun tidur (2)

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِي فِي جَسَدِي وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِي وَأَذِنَ لِي بِذِكْرِهِ

Alhamdu lillaahilladzii ‘aafaanii fii jasadii waradda ‘alayya ruuhii wa adzina lii bidzikrihi.

Artinya :

“Segala puji hanya bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada badanku dan mengembalikan ruhku serta memberikan izin kepadaku untuk selalu mengingat-Nya.” (H.R. Tirmidzi)

Alhamdulillah puji syukur kepada Allah kita masih diberi kesempatan untuk bisa menghirup udara hari ini dalam keadaan terjaga dari tidur. Diberi kesehatan dan di izinkan untuk melanjutkan sebagai tugas khalifah di muka bumi ini.

Semoga bermanfaat. Apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya tentang doa sebelum dan bangun tidur (2) lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya ini. Wassalam..

 

Doa sebelum dan bangun tidur (2) lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya | admin | 4.5