Doa Shalat Dhuha lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya

Assalamulaikum.. Gimana para sahabat kabarnya hari ini? semoga selalu ada dalam lindungan Allah, aamiin. Baik pada kesempatan yang lalu kita sudah membahas tentang waktu shalat dhuha dan niat shalat dhuha, pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tentang doa shalat dhuha beserta penjelasannya. Doa shalat dhuha tentu dikerjakan setelah shalat dhuha. Berikut doa shalat dhuha lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasnnya.

doa shalat dhuha

Doa shalat Dhuha

اَللَّهُمَّ إِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَبَهَائُكَ وَالْجَمالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتكَ وَالْقُدْرَةُ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَتَ عِصْمَتُكَ. اَللَّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِن كَانَ فِى الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالُكَ وَقُوَّتُكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innadh dhuhaa-a dhuhaauka walbahaa-a bahaauka waljamaala jamaaluka walquwwata quwwatuka walqudrata qudratuka wal’ishmata ‘ishmatuka. Allahumma inkaana rizqii fissamaa-i fa anzilhu wa inkaana fil-ardhi faakhrijhu wa inkaana mu’siran fayassirhu wa inkaana haraaman fathahhirhu wa inkaana ba’iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa ika wabahaa ika wajamaalika waquwwatika waqudratika aatinii maa aataita  ‘ibaadakash shalihiin

Artinya :

“Wahai Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Wahai Allah, apabila rizkiku berada diatas langit maka mohon turunkanlah, apabila sulit maka mohon mudahkanlah, apabila haram maka mohon sucikanlah, apabila jauh maka mohon dekatkanlah dengan kebenaran Dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah kepadaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh”.

Shalat Dhuha biasanya dilakukan untuk meminta kepada Allah swt.agar dimudahkan dalam mencari rizki yang halal supaya kita bisa saling berbagi terhadap orang lain yang mungkin masih kesusahan. Niatkan ketika mencari rizki agar bisa membantu orang lain yang masih kesusahan dalam mendapatkan rizki.

Semoga dengan pelantara kita mengerjakan shalat dhuha dan doa shalat dhuha kita diberikan rizki yang bermanafaat bagi kita semua maupun orang lain, rizki yang halal sehingga membawa kebaikan pada diri kita sendiri maupun orang lain, rizki yang yang membawa berkah membuat kita semakin dekat dengan Sang Maha Pemberi Rizki dengan ibadah yang kita kerjakan. Semoga rizki yang kita peroleh berupa kasih sayang Allah sehingga kita menjadi lebih baik lagi dan bukan rizki yang merupakan teguran atau adzab sehingga kita lalai akan perintah dan larangan dari Sang Maha Pemberi Rizki.

Karena bagaimana pun juga rizki dari Allah swt. itu bisa berupa sebuah anugerah bisa juga merupakan sebagai musibah karena kelalaian dan kedurhakaan kita kepada Alla swt. Maka tidak heran bila ada orang shaleh tapi hidupnya serba kekurangan dan pas-pasan sehingga hidupnya bisa fokus berbuat baik ke sesama dan lebih rajin beribadah kepada Alla, sedangkan orang yang tidak baik dan jauh dari Allah tapi kehidupannya bergelimang harta sehingga tidak ada waktu untuk beribadah kepada Allah karena terlalu sibuk mengurusi harta kekayaannya.

Demikian doa shalat dhuha dan penjelasannya, semoga beranfaat. Apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya tentang doa shalat dhuha lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasnnya ini. Wassalam..

 

Doa Shalat Dhuha lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya | admin | 4.5