Doa shalat sunah taubat beserta dzikir sayyidul istighfar

Assalamualikum.. Gimana sahabat, masih sehat dan masih tetap semangat? Semoga Allah Swt. selalu memberikan kekuatan kepada kita semua untuk selalu mendekatkan diri kepada-Nya. Juga semoga kita selalu diberi kekuatan agar kuat sabar dalam menghadapi godaan-godaan yang akan menjerumuskan kita kedalam siksa api neraka. Diberikan ketabahan dan kesabaran dalam beribadah menjalankan semua perintah-perintah Allh Swt. ini, aamiin. Karena tidak sedikit dari kita yang merasa berta dan tersiksa dalam menjalankan perintah agama dan begitu mudah lagi ringan dalam berbuat kemaksiatan diatas muka bumi ini. Baik para sahabat yang selalu berjuang lebih baik lagi dari waktu ke waktu dan dari hari ke hari, bila dulu kita sudah membahas tentang niat dan tata cara dalam menjalankan shalat sunah taubat, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang doa shalat sunah taubah. Jangan khawatir bagi para pembaca yang masih kesusahan dalam membaca huruf arab, disini juga dibantu dengan huruf latinnya untuk memudahkan membacanya juga artinya agar tahu dari apa yang kita baca. Berikut doa shalat sunah taubah lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya.

doa shalat taubat

Doa shalat sunah taubah

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِي لَا اِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدِ ظَالِمٍ لَا يَمْلشكُ لِنَفْسِهِ ضَرًّا وَلَا نَفْعًا وَلَا مَوْتًا وَلَا حَيَاةً وَلَا نُشُوْرًا

Astaghfirullaahal ‘azdiim alladzii laailaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih taubata ‘abdi zdaalimin  laa yamliku linafsihi dharran walaa naf’an walaa mautan walaa hayaatan walaa nusyuuran.

Artinya :

“saya memohon ampunan kepada Allah yang maha agung, saya mengaku bahwa tiada Tuhan selain Allah, Tuhan yang hidup terus selalu jaga. Saya memohon taubat kepada-Nya, selaku taubatnya seorang hambayang banyak dosa yang tidak mempunyai daya dan upaya untuk berbuat madharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti”.

Disamping kita behenti berbuat dosa dan shalat sunah taubat, juga dianjurkan untuk berdoa meminta ampunan Allah, hendaknya kita juga memperbanyak istighfar. Dianjurkan pula kita untuk membaca sayyidul istighfar, yakni sebagai berikut.

Dzikir sayyidul istighfar

اللَّهُمَّ اَنْتَ رَبِّي لَا اِلَهَ اِلَّا اَنْتَ خَلَقْتَنِي وَاَنَا عَبْدُكَ وَاَنَا عَلَي عَهْدِكَ وَوَعدِكَ مَاا سْتَطَعْتُ اَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّمَا صَنَعْتُ اَبُوْاُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَليَّ وَاَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَاِنَّهُ لَايَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اَنْتَ

Alahumma anta rabbii laailaaha illaa anta, khalaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wawa’dika mastatha’tu a’uudzubika min syarrimaa shana’tu abuu ulaka bini’matika ‘alayya wa abuu-u bizdanbii faghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya :

“wahai Allah, Engaku adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku, sedangkan aku adalah hamba-Mu dan aku ada diatas ikatan janji-Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui  dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau”.

Demikian penejelasan mengenai doa shalat taubat dan dzikir sayyidul istighfar, semoga bermanfaat bagi kita semua. Semoga kita termasuk bagian dari orang-orang yang ahli bertaubat dan ahli ibadah kepada Allah Swt, aamiin.

Apabila ada kekurangan dan kesalahan, mohon kiranya para sahabat pemebaca yang budiman sudi berkenan memberikan masukan maupun kritikannya demi lebh baik lagi penjelasan tentang doa shalat sunah taubat beserta dzikir sayyidul istighfar ini. Wassalam..

Doa shalat sunah taubat beserta dzikir sayyidul istighfar | admin | 4.5