Doa shalat tahajjud, lengkap dengan Arab, latin, dan terjemah

Sebagai hamba Allah yang beriman, tentulah kita menginginkan agar selalu bisa dekat dengan-Nya. Berbagai amalan-amalan wajib dan sunnah kita kerjakan, seperti shalat, puasa, dan amalan lainnya.

Dalam postingan kali ini, saya akan mencoba mengulas mengenai shalat sunnah, terutama yang menjadi titik fokus di sini adalah shalat tahajjud..

Shalat sunnah merupakan sebuah amalan tambahan setelah shalat wajib. Namun ingat, jangan sampai kita hanya mengerjakan shalat sunnah saja, sedangkan shalat wajibnya tidak dikerjakan sama sekali.

Hal ini sering kita dapati di sebagian masyarakat awam yang mana mereka hanya mengerjakan shalat sunnah saja. Misalnya, manakala datang idul fithri dan idul adha, sebagian mereka mau mengerjakan kedua shalat tersebut. Namun setelah usai, mereka enggan melakukan shalat wajib. Hal inilah yang harus menjadi perhatian, bahwasannya shalat wajib haruslah dikerjakan dan tidak boleh ditinggalkan. Sedangkan shalat sunnah, tidak dikerjakan juga tidak mengapa, karena tak ada perintah keharusan menjalankannya.

Sebagaimana yang saya singgung di atas, bahwa saya akan membahas tentang shalat tahajjud. Baik!

Shalat tahajjud merupakan salah satu shalat sunnah yang amat dianjurkan oleh Allah Swt dan juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw. Dalam al-qur’an disebutkan bahwa hendaknya kita pada malam hari bangun untuk mengerjakan shalat tahajjud, karena dengan shalat tersebut, Allah akan mengangkat derajat kita ke dalam derajat yang terpuji. Dalam hadits Nabi juga disebutkan bahwa andai saja tahajjud tidak memberatkan ummat Islam, niscaya Nabi akan mewajibkan shalat tersebut.

Dari keterangan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa shalat tahajjud merupakan shalat yang amat dianjurkan.

Lalu kapan waktunya?

Waktunya adalah setelah tidur, namun yang paling baik adalah manakala sudah melebihi jam dua belas malam.

Pada postingan ini juga, saya akan mencoba membagi kepada temen-temen semua tentang doa yang dipanjatkan dalam shalat tahajjud, agar ketika usai melaksanakannya, temen-temen tidak kebingungan lagi akan membaca doa apa. Berikut ini doanya:

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ  اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya :

“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”
Doanya agak panjang, namun insya Allah mudah dihafalkan. Selain doa di atas, bisa juga ditambahi dengan doa lainnya. Semoga bermanfaat !!!!!!!
Doa shalat tahajjud, lengkap dengan Arab, latin, dan terjemah | Shohibul Azka | 4.5