Doa yang dianjurkan manakala mau makan dan sesudah makan, dan juga doa setelah minum

Assalamu’alaikum… alhamdulillah, pada kesempatan yang berbahagia ini kita masih diberikan ni’mat yang sangat banyak oleh Allah Swt di antaranya adalah ni’mat sehat, sehingga kita semua bisa menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya.

Tak bosan-bosannya saya berbagi pada temen-temen sekalian mengenai doa-doa sehari-hari yang sering kita dengar.

Ya meski kita sering mendengarnya, namun terkadang kita tidak hafal akan doa tersebut. mungkin karena kita lebih fokus ke hal yang lain atau pun karena faktor cape, sehingga hal tersebut pun bisa terjadi.

Tapi tenang saja, di blog ini saya akan mencoba berbagi tulisan mengenai doa keseharian yang mana tujuannya adalah untuk membantu teman-teman yang ingin menghafal atau sekedar ingin tahu saja seperti apa doanya. Mengingat doa itu sangat penting, karena jika hanya usahanya saja tanpa berdoa, itu bisa dianggap sombong. Dan jika hanya doanya saja maka sama saja dianggap bohong.

Dalam postingan kali ini, saya akan menuliskan sebuah doa tentang makan dan minum. Makan dan minum itu hal yang sangat penting, ibarat sebuah motor tanpa bensin maka akan mogok, begitu juga tubuh manusia jika tidak ada asupan makan dan minum maka akan menimbulkan tubuh yang tak berdaya, lemes, dan pusing-pusing.

Doa mau makan yang saya akan posting di sini isinya adalah meminta kepada Allah agar diberkahi apa yang akan dimakan tersebut.

Doa mau makan :

اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّار

ALLOOHUMMA BAARIK LANAA FIIMAA RAZAQTANAA WAQINAA ‘ADZAA BANNAAR

Artinya : Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Doa setelah makan:

Setelah makan, jangan lupa juga berdoa. Yang mana pada isi doanya adalah mensyukuri apa yang telah diberikan Allah padanya. Berikut ini doanya:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

ALHAMDU LILLAAHIL LADZII JA’ALAHUU ‘ADZBAM FUROOTAM BIROHMATIHII WA LAMYAJ’ALHU MILHAN UJAAJAM BIDZUNUUBINAA

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.

Demikian itulah doa mau makan dan setelah makan. Semoga bisa membantu teman-teman yang ingin menghafalkan doa tersebut.

 

 

Doa yang dianjurkan manakala mau makan dan sesudah makan, dan juga doa setelah minum | Shohibul Azka | 4.5