Doa yang dibaca manakala menengok orang sakit

Assalamu’alaikum…….

Oiya, dalam postingan kali ini, saya akan menuliskan doa yang dibaca manakala menengok orang sakit.

Mendengar kata sakit? Apa kira-kira yang ada di benak pikiran temen-temen? Wah pasti yang ada dalam pikiran kita adalah sambil hati bergumam “Jangan sampai sakit, karena sakit itu tidak enak” bukankah begitu teman-teman?

Setiap kita pastilah mengimginkan yang namanya sehat wal’afia. Sangat menyusahkan memang kalau sakit itu. Mau kemana-mana gak bisa. Mau ke sekolah tidak bisa, dan segala aktivitas yang biasana kita kerjakan juga tidak bisa kita kerjakan. Menyebalkan bukan?

Tapi inget temen-temen, jika kita sakit jangan ada istilah menggerutu ya, apalagi protes pada Tuhan. Hadapi saja, terima saja kenyataan bahwa sekarang lagi sakit. Karena mungkin saja dengan sakit tersebut Allah akan mengangkat derajat kita. Dan mungkin saja Allah akan menghapus dosa-dosa kita tersebut karena kita sabar dalam menghadapi sakit yang diderita.

Nah pertanyaannya, kita tidak mau sakit kan? Ya iyalah, tidak ada manusia yang menginginkan sakit bukan? Pastilah kita semua ingin sehat selalu.

Ada caranya agar kita bisa terhindar dari sakit, yaitu dengan cara menjaga pola hidup kita, seperti makan tepat waktu dan makan sehari tiga kali dengan asupan yang bergizi (yang tercakup dalam istilah empat sehat lima sempurna). Kemudian dengan berolahraga dan menjaga kualitas tidur. Hal itulah yang harus sering kita jaga.

Akan tetapi, jika ternyata ada salah satu orang terdekat kita, tetangga, ataupun yang lainnya sakit, jangan lupa untuk menengok mereka. Mereka yang sedang sakit akan merasa senang sekali manakala ada yang menjenguknya.

Dan jangan lupa pula baca doa ini:

اَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ اَنْ يُعَافِيَكَ وَيُشْفِيَكَ

AS-ALULLOOHAL ‘ADZIIMA ROBBAL’ARSYIL ‘ADZIIMI AYYU’AAFIYAKA WA YUSYFIYAKA

 Artinya: Aku memohon kepada Allah yanag Maha Agung Tuhan Arsy yang agung semoga memberi kesejahteraan kepada engkau dan menyembuhkan engkau (orang yang sakit).

Adapun jika menengok orang yang sakit demam, bisa membaca doa ini:

بِسْمِ اللهِ الْكَبِيْرِ نَعُوْذُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ مِنْ شَرّعِرْقٍ نَعَّارٍوَمِنْ شَرّ حَرّالنَّارِ

BISMILLAAHIL KABIIRI NA’UUDZU BILLAAHIL ‘ADZIIMI MINSYARRI ‘IRQIN NA’AARIN WA MIN SYARRI HARRIN NAARI

 Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Agung, kami berlindung kepada Allah yang Maha luhur dari kejahatan urat yang berdarah dan dari kejahatan panasnya api neraka.

Demikian itu merupakan doa-doa yang dibaca manakala menengok orang sakit. Semoga bermanfaat…..

Doa yang dibaca manakala menengok orang sakit | Shohibul Azka | 4.5