Doa yang dipanjatkaan saat ulang tahun

Mensyukuri nikmat Tuhan merupakan kewajiban bagi seluruh ummat manusia. Di dalam agama Islam sendiri telah dijelaskan dalam  bahwa mensyukuri nikmat Tuhan merupakan kewajiban, yang mana kalau tidak sampai mensyukurinya, Tuhan berjanji akan membalas dengan siksaan yang pedih, sebagaimana termaktub dalam surat Ibrahim ayat 7.

Nikmat Tuhan amatlah banyak, dari yang terkecilnya hingga nikmat yang terbesarnya. Diberi rezeki yang mencukupi, diberi kesehatan, diberi kemudahan dalam menjalani aktivitas, dan diberi segala macam nikmat-nikmat yang lainnya, sehingga kalau kita hitung-hitung nikmat tersebut maka kita tidak akan mampu untuk menghitungnya, karena saking begitu banyaknya nikmat yang diberikan kepada kita tersebut.

Dalam rangka mensyukuri nikmatnya, berbagai tindakan dan perbuatan bisa dilakukan. Ulama dalam hal ini memberi keterangan bahwa mensyukuri nikmat Tuhan bisa dilakukan dengan hati, anggota badan, dan lisan.

Dengan hati kita bisa bersykur pada Tuhan, seperti manakala kita sedang memikirkan nikmat sehat yang sedang dialaminya, kemudian kita membandingkan dengan orang lain yang mana sedang terkena penyakit. Dengan merenung seperti itu, kemudian tersbesit dalam hati kita seraya membisikkan di dalam telinga “alhamdulillah, saya masih diberikan nikmat sehat oleh Allah, sehingga saya bisa melakukan aktivitas ini dan itu. Coba, andaikata saya sakit seperti tetangga sebelah, belum tentu saya bisa melakukan ini itu”.

Dengan anggota badan, kita juga bisa besyukur pada Tuhan. Fisik dianugrahi sehat, gunakanlah untuk ibadah dan taqwa kepada-Nya. Dengan digunakan ibadah, itu pertanda kita telah menysukuri nikmat-Nya.

Dengan lisan, kita bersyukur pada-Nya. Seperti ketika mendapat hal yang disukai, lalu sepontan lisan kita mengucapkan “al-hamdulillah”. Hal demikian tergolong dengan syukur dengan lisan.

Di sini kemudian dibahas mengenai perihal ulang tahun.

Ulang tahun merupakan sebuah kegembiraan kita karena bertambahnya usia. Dalam merayakannya, ada banyak sekali prkatek-praktek pelaksanaannya.

Tapi ingat, tentunya kita sebagai muslim, harus sadar betul proses ulang tahun ini jangan sampai disalahfungsikan. Niatkanlah ulang tahun dengan niat mensyukuri nikmat Tuhan, karena Ia masih memberi umur panjang kepada kita.

Ada juga baiknya membaca doa-doa ini manakala kita sedang berulang tahun, yang saya lengkapi doa tersebut dengan teks Arab, latin, dan terjemahnya. Berikut ini doanya:

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ
ALLAHUMMA THOWWIL UMUURONA, WA SHOHHIH AJSAADANA, WA NAWWIR QULUUBANA, WA SABBIT IIMAANANAA WA AHSIN A’MAALANAA, WA WASSI’ ARZAQONAA, WA ILAL KHOIRI QORRIBNAA WA ‘ANISY-SYARRI AB’IDNAA, WAQDHI KHAWAA-IJANA FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIRATI INNAKA ‘ALAA KULLI SYAI-IN QODIIRUN

 Artinya :
Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. 

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ
ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA ‘AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI WA BAROKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA ROHMATAN ‘INDAL MAUTI WA MAGHFIROTAN BA’DAL MAUTI

Artinya :
Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

Amalkan doa tersebut, inysa Allah akan ada faedahnya tersendiri. Semoga bernmanfaat…….
Doa yang dipanjatkaan saat ulang tahun | Shohibul Azka | 4.5