Jangan deg-degan saat mengikuti tes atau ujian, baca saja doa ini!

Alhamdulillah…. Teman-teman semoga pada hari selalu dalam keadaan sehat terus ya… amiiiin…

Pada kesempatan kali ini, saya akan kembali menulis doa, yang mana doa ini berbhubungan dengan sebuah test atau ujian.

Sebelumnya, saya ingin menjelaskan bahwa menuntut merupakan kewajiban yang harus dikerjakan oleh setiap orang Islam, baik yang laki-laki ataupun perempuan, sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw. untuk menjalankan perintah Nabi ini, sebagian dari kita ada yang masuk sekolah, baik yang di kelola negara ataupun yang dikelola swasta, yang berbasis agama ataupun yang berbasis umum. Ada juga yang masuk pesantren yang mana pesantren tersebut disertai pendidikan umum pula. Jenjang di sekolah ataupun pesantren meliputi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, yang ditempuh masing-masing tiga tahun. Ada juga yang setelahnya masuk ke perguruan tinggi.

Ada hal yang paling menegangkan saat kita sedang dalam masa pendidikan tersebut. Temen-temen tahu saat apa kita mengalami ketegangan tersebut? hehehe

Yupz betul, saat ujian tengah smester ataupun ujian akhir smester. Saat itu, rasa deg-degan kita sangat berdegup kencang. hal ini lebih-lebih lagi bagi yang sedang menjalani ujian akhir nasional, yang menentukan apakah lulus atau tidak. Seolah jantung mau copot saja bukan??? Deg-degannya bukan main.. hihihi

Bagi saya pun sendiri demikian, karena saya bersetatus sebagai mahasiswa di sebuah perguruan tinggi Islam di Cirebon, saya juga mengalami hal yang sepert temen-temen rasakan kok!

Tapi tenang saja, temen-temen tidak usah hawatir. Tidak usah deg-degan, atau bahkan berpikiran macem-macem. Yakinlah, semuanya akan mudah dan gamapang kalau kita berpikiran positif. Dan ingat juga, sebelum ujian, hendaknya belajar terlebih dahulu ya. Jangan sampai hendak ujian, tapi tidak mau belajar sama-sekali. Dan jangan lupa berdoa juga ya teman-teman, agar Allah memberikan kemudahan dan ketenangan hati dalam menjalani ujian. Berikut ini doanya:

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

ALLAAHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAN WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAN.

 Artinya :
“Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106).

Atau bisa juga membaca doa ini:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

RABBISY-ROHLII SHADRII, WA YASSIRLII AMRII, WAHLUL ‘UQDATAM MILLISAANII, YAFQAHU QAULII

Artinya :
“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS Thaahaa : 25-28).

Ya demikian itulah donya, semoga ujian kalian dimudahkan.. amiiin

Jangan deg-degan saat mengikuti tes atau ujian, baca saja doa ini! | Shohibul Azka | 4.5