Kumpulan doa-doa meminta keselamatan lengkap dengan latin dan terjemahnya

Doa agar terhindar dari marabahaya – Semua orang pastilah menginginkan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat nanti. Tak pelak bagi umat Islam juga sering memanjatkan doa meminta keselamatan pada Tuhan. Bacaan doanya beragam, dan juga waktu membacanya juga beragam pula. Ada yang setelah tiap-tiap sholat lima waktu, ada yang setelah shalat malam, dan waktu-waktu lainnya.

Dalam postingan kali ini, saya akan menuliskan beberapa doa masyhur yang biasanya dibaca oleh umat Islam, disertai huruf latin dan terjemah.

Doa agar terhindar dari bahaya

1. Doa meminta keselamatan dalam beragama

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA ‘AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI WA BAROKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA ROHMATAN ‘INDAL MAUTI WA MAGHFIROTAN BA’DAL MAUTI

 Artinya :
 “Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati“.

Doa ini juga bisa dibaca untuk memohon pada Tuhan agar diberi kesehatan, ditambahkan ilmu, rezekinya diberkahi, dan meminta agar bisa bertaubat sebelum mati.
2. Doa memohon agar dimudahkan proses pencabutan nyawa manakala ajal menjemput

اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

ALLOOHUMMA HAWWIN ‘ALAINAA FII SAKARAATIL MAUTI WANNAJAATA MINAN NAARI WAL ‘AFWA ‘INDAL HISAABI

Artinya :
Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan“.

Bisa dibaca untuk meminta agar selamat dari api neraka dan diampuni kesalahannya manakala dihisab.

3. Doa memohon agar iman tidak goyah

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

RABBANAA LAA TUZIGH QULUUBANAA BA’DA IDZ HADAITANAA WAHAB LANAA MIL LADUNKA RAHMA, INNAKA ANTAL WAHHAAB

Artinya :
“Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi”

4. Doa agar diberi kebaikan dunia dan akhirat (Doa sapu jagad)

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

RABBANAA AATINAA FIDDUNNYAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.

 Artinya :
“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka”.

Ya, itulah doa-doa yang semua isinya mengandung permohonan agar diberi keselamatan oleh Allah swt. Semoga dengan membaca itu, kita semua bisa terhindar dari segala macam bahaya, diteguhkan imannya, dan semoga bisa mendapatkan kebaikan di dunia mapun di akhirat nanti… amiiiin….

Kumpulan doa-doa meminta keselamatan lengkap dengan latin dan terjemahnya | Shohibul Azka | 4.5