Lafadz adzan lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya

Assalamualaikum.. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puja dan puji kehadirat Allah Swt. Tuhan semesta alam. Shalawat beserta salam selalu tercurahkan kepada Nabi agung akhir zaman, Nabi Muhammad Saw. Para sahabat yang budiman, semoha Allah selalu merahmati kita semua, pada kesempatan kali ini penulis mengajak kepada para sahabat setia pembaca artikel islami untuk mari bersama-sama menambah wawasan keilmuan kita terhadap ajaran islam. Didalam ajaran islam ada suatu amaliyah ibadah yang sifatnya fardhu ‘ain, yaitu shalat. Shalat yang lebih utama yaitu berjamaah dimasjid bagi laki-laki. Sehingga ada seseorang yang bertugas untuk memanggil orang lain untuk datang ke masjid guna mendirikan shalat berjamaah. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini penulis hendak berbagi tentang pejelasan megenai adzan. Berikut lafadz adzan lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya.

Sejarah awal mula munculnya adzan

Pada saat nabi Muhammad telah hijrah dari kota Makkah ke kota Yatsrib (sebelum berganti nama menjadi Madinah), Nabi bersama kaum muhajirin (penduduk yang datang dari Makkah dan menetap di Madinah) dan kaum Anshar (penduduk Madinah) bersama-sama mendirikan masjid sebagai simbol pesatuan umat islam. Setelah bangunan masjid berdiri dan hendak menjalankan shalat untuk berjamaah, Nabi dan para sahabat bingung. Bagaimana cara mengumpulkan umat agar bedatangan ke masjid untuk shalat berjamaah. Ada sahabat yang usul agar menggunakan lonceng saja seperti umat Nasrani, ada lagi sahabat yang mengusulkan menggunakan terompet seperti umat Yahudi. Setelah banyak pendapat akhirnya disepakati panggilan untuk shalat yaitu dengan suara adzan. Timbul masalah berikutnya yaitu siapa orang yang akan mengumandangkannya. Lalu ditunjuklah sahabat Bilal yang terkenal akan suaranya yang nyaring dan merdu. Maka sahabat Bilal pun maju dan naik keatas bangunan masjid lalu mengumandangkan suara adzan, sehingga masyarakat Madinah datang berduyun-duyun ke masjid dan mengerjakan shalat berjamaah.

Perngertian adzan

Adzan merupakan lafadz-lafadz tertentu yang di kumandangkan sebagai tanda memasuki waktu shalat fardhu dan untuk mengajak masyarakat agar berkumpul dimasjid guna menjalankan shalat berjamaah. Orangnya disebut dengan nama “muadzin” (orang yang mengumandangkan adzan).

Hukum adzan

Hukum dari adzan itu sendiri yaitu sunah muakad, yaitu sunah yang sangat dianjurkan ketika hendak menjalankan shalat fardhu. Adzan di kumandangkan baik hendak shalat berjamaah maupun hendak shalat sendirian dalam shalat fardhu.

 adzan

Lafadz adzan

اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ

Allahu akbar 2x

“Allah Maha Besar Allah maha besar”

اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ

Asyhadu allaa ilaaha illallaah 2x

“saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah”

اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ

Asyhadu anna Muhammadar rasulullaah 2x

“saya bersaksi bahwa Muhammad utusan Allah”

حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ

Hayya ‘alash shalaah 2x

“marilah kita shalat”

حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ

Hayya ‘alal falaah 2x

“marilah menuju kemenangan”

اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ

Allaahu akbar 2x

“Allah maha besar Allah maha besar”

لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ

Laailaaha illallaah 2x

“tiada Tuhan selain Allah”

 

Kegunaan lain adzan

Didalam masyarakat Indonesia, tidak sedikit yang menggunakan adzan untuk tujuan tertentu. Jadi tidak hanya untuk seruan shalat saja tapi maknanya meluas, seperti hendak mendirikan rumah atau bangunan, hendak bepergian jauh, hendak berangkat menuntut ilmu di pesantren, ketika bayi baru lahir, ketika mayyit hendak di kubur, orang yang kemasukan jin, ketika melehat bencana dan lain sebagainya. Walaupun banyak umat muslim yang tidak sependapat dengan hal tersebut tapi banyak umat muslim lain yang menjalankannya.

Demikian penjelasan mengenai adzan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon saran dan kritiknya untuk lafadz adzan lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya ini. Wassalam..

Lafadz adzan lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya | admin | 4.5