Lafadz adzan shubuh lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya.

Assalamualaikum.. Alhmdulillah para sahabat yang budiman, yang setia dan semangat untuk menuntut ilmu agama islam, kita bertemu lagi, semoga pertemuan ini mendapat ridha dari Allah, Swt. aamiin. Alahamdulillah pada kesempatan yang lalu kita telah membahas tentang lafadz adzan, sejarah adzan dan kegunaan lain dari adzan, maka pada kesempata kali ini penulis mengajak kepada para sahabat untuk bersama-sama belajar kembali tentang lafadz adzan shubuh. Mari kita bersama-sama menyimak ulasan berikut ini mengenai lafadz adzan shubuh lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya.

Adzan merupakan tanda masuknya waktu shalat fardhu juga sebagai panggilan agar masyarakat datang kemasjid guna mendirikan shalat berjamaah. Begitupun lafadz adzan shubuh, sama seperti lafadz-lafadz adzan pada umumnya namun ada satu baris penambahahan pada lafadz adzannya, gunanya sebagai pernyataan bahwa shalat itu lebih baik dan lebih utama dari tidur. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat keterangan lafadz adzan dibawah ini.

adzan

Lafadz adzan shubuh

اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ

Allahu akbar 2x

“Allah Maha Besar Allah maha besar”

اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ

Asyhadu allaa ilaaha illallaah 2x

“saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah”

اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ

Asyhadu anna Muhammadar rasulullaah 2x

“saya bersaksi bahwa Muhammad utusan Allah”

حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ

Hayya ‘alash shalaah 2x

“marilah kita shalat”

حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ

Hayya ‘alal falaah 2x

“marilah menuju kemenangan”

الصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ

Ash-shaatu khairum minan naum 2x

“Shalat lebih utama dari tidur”

اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ

Allaahu akbar 2x

“Allah maha besar Allah maha besar”

لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ

Laailaaha illallaah

“tiada Tuhan selain Allah”

 

Di Indonesia sendiri yang mengumandangkan bentuk lafadz seperti keterangan diatas itu bebeda-beda. Ada yang menggunakannya ketika masuk waktu shubuh, ada juga yang menggunakannya untuk bangun dan mendirikan qiyamul lail (medekatkan diri kepada Allah dengan shalat, dzikir, mambaca al-Quran dan lain-lain, dikala banyak orang terbuai akan tidurnya). Jadi mengumandangkannya dua kali adzan, yang pertama sekitar jam tiga dini hari ketika warga masih terlelap tidur dan dibangunkan untuk shalat qiyamul lail yang adzannya ada tambahannya, sedangkan lafadz adzan shubuhnya tidak ada lafadz tambahannya karena warga sudah bangun karena di bangunkan oleh adzan yang pertama.

Kita jangan mempersoalkan perbedaan tersebut karena bagaimana pun juga masing-masing dari daerah yang menggunakannya tentu memiliki alasan sendiri dan atas pertimbangan masing-masing. Yang penting hidup rukun dan sama-sama menjalankan shalat shubuh.

Demikian penjelasan mengenai adzan shubuh, semoga bermanfaat bagi kita semua terutama penulis maupun pembaca. Apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya untuk lafadz adan shubuh lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya ini. Wassalam..

Lafadz adzan shubuh lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya. | admin | 4.5