Niat shalat ashar dan waktu shalat ashar

Assalamualaikum.. Alhamdulillah, Allah masih mempercayakan kita untuk menjadi khalifah dimuka bumi ini, masih diberi kesehatan dan umur yang panjang sampai saat ini untuk memperbaiki diri dan menjadi lebih baik lagi. Sahabat yang mau memperdalam ilmu agama mari kita belajar bareng-bareng, saya juga masih belajar agar lebih baik lagi dalam memahami agama islam ini. Alhamdulillah bila kemarin kita sudah belajar tentang niat shalat zduhur dan waktu shalatnya, insyaAllah kali ini kita akan belajar bersama tentang niat shalat ashar dan waktu shalat ashar.

shalat ashar

Waktu shalat ashar

Shalat ashar maupun shalat maktubah lainnya harus dikerjakan pada waktunya, bila tidak maka tidak sah shalatnya kecuali ada beberapa hal tertentu. Waktu shalat ashar sendiri awal waktunya dimulai dari berakhirnya waktu shalat zduhur, yaitu panjang bayangan benda sama dengan tinggi bendanya, semisal tongkat sepanjang satu meter berdiri dipermukaan tanah lalu bayangannya ternyata sudah sama yaitu satu meter juga (lebih sedikit) maka itu sudah masuk waktu awal shalat ashar. Batas akhir dari waktu shalat ashar itu sendiri yaitu tenggelam sempurnanya matahari di ufuk barat. Matahari sampai benar-benar tidak kelihatan. Jadi waktu shalat ashar yaitu antara habisnya waktu zduhur dan masuknya awal waktu shalat maghrib.

Niat shalat ashar :

اُصَلِّى فَرْضَ الْعَصْرِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً (مَاءْمُوْمًا/اِمَامًا) للهِ تَعَالَى

Ushallii fardhal ‘ashri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an (ma’muuman / imaaman) lillaahi ta’aala

Artinya :

“Saya berniat shalat fardhu ashar empat rakaat menghadap kiblat (menjadi makmum / menjadi imam) karena Allah ta’ala.”

Perlu diperhatikan bahwa untuk kalimat didalam kurung (ma’muuman / imaaman) itu apabila kita shalat berjamaah menjadi makmum maka yang dibaca hanya “ma’muuman” saja. Apabila menjadi imam maka yang dibaca “imaaman” saja, jangan dua-duanya dibaca. Namun apabila kita shalat sendirian maka kedua-duanya kalimat tersebut jangan dibaca, langsung saja.

Juga harus diingat, kesalahan kita selama ini dalam mengucapkan yaitu merasa cukup dengan melafalkan niat sebelum takbiratul ihram, padahal itu hanya upaya untuk mempermudah saja ketika kita berniat. Seharusnya niat tersebut diucapkan dalam hati ketika takbiratul ihram, tangannya diangkat disamping kepala dan fikirannya ingat akan Allah. Boleh melafalkan niat sebelum takbiratul ihram tapi ketika takbiratul ihram juga harus berniat lagi dalam hatinya. Walaupun pelafalan niat sebelum takbiratul ihram banyak juga yang tidak sependapat.

Demikian ulasan seputar niat shalat ashar, waktunya dan penjelasan tentang niat, semoga bermanfaat. Apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya untuk niat shalat ashar dan waktu shalat ashar ini. Wassalam..

Niat shalat ashar dan waktu shalat ashar | admin | 4.5