Niat shalat dzuhur dan waktu shalat dzuhur

Assalamualikum.. Puji syukur kehadirat Allah SWT. kita mesih diberi kenikmatan iman islam dan kesehatan sehingga kita bisa bertemu lagi untuk belajar agama islam. Bila kemarin sudah membahas tentang niat shalat shubuh, waktu shalat shubuh dan cara berniatnya. InsyaAllah kali ini saya mau berbagi tentang niat shalat zhuhur dan waktu shalat zduhur.

niat shalat

Waktu shalat zduhur :

Waktu shalat zduhur dimulai dari pertengah siang hari, ketika matahari berada ditengah-tengah, yaitu dimulai sejak matahari bergeser/melewati sedikit dari garis vertikalnya/garis lurus keatas. Atau bila matahari tepat diatas benda/tongkat, benda tersebut tidak memiliki bayangan. Ketika matahari mulai bergeser sedikit kearah barat maka benda tersebut memiliki bayangan. Itulah awal waktu shalat zduhur. Sedangkan akhir dari waktu shalat zhuhur yaitu apabila tinggi benda sama dengan panjang bayangan benda tersebut. Misal tongkat berdiri tingginya satu meter, ketika bayangan tongkat tersebut juga satu meter maka waktu shalat zduhur telah habis.

Niat shalat zduhur :

اُصَلِّى فَرْضَ الظُّهْرِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً (مَاءْمُوْمًا/اِمَامًا) للهِ تَعَالَى

Ushalli fardzazh zhuhri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an (ma’muuman / imaaman) lillaahi ta’aalaa

Artiny :

“Saya berniat shalat fardhu zhuhur empat rakaat menghadap kiblat (menjadi makmum / imam) karena Allah ta’ala.”

Dalam berniat shalat fardhu zhuhr ini bila kita menjadi makmum maka yang dalam kurung yang dibaca “ma’muuman”, apabila kita menjadi imam maka yang dibaca “imaaman” saja. Namun apabila kita shalat sendirian maka kalimat “ma’muuman / imaaman” jangan dibaca. Dilewat saja.

Shalat tidak akan sah bila tidak disertai dengan niat. Karena niat salah satu rukun dalam shalat. Niat shalat boleh diucapkan menjelang shalat untuk mempermudah ketika takbiratul ihram, boleh juga tidak diucapkan. Tapi yang pasti niat shalat diucapkan dalam hati ketika takbiratul ihram karena niat letaknya berada dalam hati. Saat takbiratul ihram hilangkan semua fikiran tentang dunia, tentang semuanya, hanya fokus ke Allah. Hatinya berniat shalat fardhu zduhur sambil mengucapkan “Allaahu akbar”, tangannya diangkat disamping kepala. Bila belum bisa, cobalah belajar dan terus diulang-ulang sampai lancar.

Demikian penjelasan niat shalat zhuhur, waktu shalat zduhur dan penjelasan niatnya, semoga bermanfaat. Apabila ada kekurangan dan kesalahan tentang niat shalat zhuhur dan waktu shalat zhuhur ini mohon masukannya. Wassalam..

Niat shalat dzuhur dan waktu shalat dzuhur | admin | 4.5