Niat shalat idhul adha dan penjelasannya

Assalamualikum.. Para pembaca yang budiman, pada setiap masing-masing dari kita memiliki kewajiban kepada Allah sang maha pencipta juga kewajiban terhadap sesama manusia atau makhluk. Diantara kewajiban kita kepada Allah Swt. yaitu shalat. Shalat pun secara hukumnya berbeda-beda, ada yang sunah ada juga wajib. Shalat sunah ada yang bisa dikerjakan setiap saat, karena ada hal-hal tertentu ataupun lainnya. Oleh karenanya pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang niat shalat idhul adha dan penjelasannya.

shalat idul adha

Nama lain hari raya idul adha

Shalat idhul adha merupakan salah satu shalat sunah dari sekian banyak shalat sunah yang ada. Hari raya ini juga biasa disebut hari raya besar atau hari raya haji, karena hari raya ini dilaksanakan pada bulan haji. Dimana seluruh para jamaah dari diseluruh dunia berkumpul di masjidil haram. Sehingga disebut hari raya besar. Ada juga yang menyebutnya dengan istilah hari raya kurban karena pada hari itu diadakan penyembelihan kurban sebagai wujud penyerahan diri kepada sang maha pencipta. Napak tilas seperti yang lakukan oleh Nabi Ibrahim kepada putranya yakni Nabi Ismail untuk dikorbankan.

Waktu pelaksanaan shalat idhul adha

Shalat idhul adha merupakan salah satu shalat sunah dari sekian banyak shalat sunah yang ada. Shalat sunah idul adha dikerjakan setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah, tahun islam (tahun hijriyah). Adapun waktu pelaksanaannya yaitu berada dalam waktu dhuha sampai waktu dhuhur.

Tata cara melaksanakan shalat idhul adha

Shalat idhul adha dilakukan secara berjamaah, tempatnya lebih utama dilapangan sebagai bentuk syiar islam. Namun apabila mengerjakannya didalam masjid pun tidaklah mengapa. Dikerjakan sebanyak dua rakaat dengan satu kali salam. Pada rakaat pertama setelah takbiratul ihram dan membaca doa iftitah dilanjut bertakbir sebanyak tujuh kali, sedangkan pada rakaat kedua sebanyak lim kali. Bila dibandingkan dengan shalat jumat, shalat idul adha juga ada khutbahnya. Namun yang membedakan apabila shalat jumat khutbah terlebih dulu baru melaksanakan shalat jumat, sedangkan shalat idhul adha shalat dulu baru mengerjakan khutbah.

Untuk lebih mempermudah dalam membaca niat ini, disertakan pula versi arab dan versi latin. Juga artinya agar mengetahui apa yang kita baca. Berikut niat shalat idhul adha.

Niat shalat idhul adha

اُصَلِّى سُنَّةَ لِعِيْدِ الْأَضْحَي رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَلى. اللهُ اَكْبَرُ

Ushallii sunnatal li’iidhil adh-haa rak’ataini lillaahi ta’aalaa. Allaahu akbar

Artinya :

“saya berniat shalat sunah idhul adha dua rakat karena Allah taala”.

Bacaan tasbih antara takbir

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ

Subhaanallaahi walhamdulillaahi walaailaaha illallaahu wallaahu akbaru

Artinya :

“maha suci Allah, segala puji hanya bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah maha besar.”

Bacaan tasbih dibaca ketika setelah takbiratul ihram dan membaca doa iftitah dilanjut takbir kembali sebanyak tujuh kali. Antara takbir tujuh kali tersebut, disetiap takbirnya membaca tasbih tersebut secara pelan.

Demikian penjelasan mengenai shalat idhul adha, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin. Apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya untuk memeperbaiki artikel ini mengenai niat shalat idhul adha dan penjelasannya. Wassalam..

Niat shalat idhul adha dan penjelasannya | admin | 4.5