Niat shalat idhul fitri dan penjelasannya

Assalamualaikum.. Sahabat-sahabat semua dimanapun berada, alhamdulillah kita bisa berjumpa lagi dalam forum ini untuk memperdalam pemahaman kita terhadap ajaran islam ini. Pada kesempatan yang lalu kita sudah membahas tentang niat shalat sunah idhul adha dan penejelasannya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas niat shalat idhul fitri dan penjelasannya.

shalat idul fitri

Waktu pelaksanaanya

Dalam setiap ajaran agama yang ada di dunia ini tentu memiliki hari besar atau hari rayanya masing-masing. Begitu pun dengan ajaran agama islam juga memiliki hari raya. Dalam islam kita mengenal dua hari raya, yakni hari raya idhul adha yang dilaksanakan setiap tanggal 10 dzulhijjah dan hari raya idhul fitri yang dilaksanakan setiap tanggal 1 syawal.

Hari raya idhul fitri sangat bekesan sekali bagi warga Indonesia karena pada momen tesebut kita mengenal astilah “mudik”, yakni para warga perantauan akan kembali ke kampung halamannya masing-masing. Karena pemerintah Indonesia memberikan libur panjang pada saat itu.

Disamping itu pula hari raya idul fitri sangat ditunggu kedatangannya karena setelah berpuasa sebulan suntuk, pada hari itu kita akan bertemu dengan sanak famili yang berbeda kampung maupun yang berada diperantauan.

Tata cara pelaksanaan shalat idhul fitri

Pada dasarnya shalat sunah idhul fitri sama seperti halnya shalat-shalat lainnya, namun ada sedikit yang berbeda dalam pelaksanaaannya. Dalam shalat jumat sebelum menjalankan shalat jumat itu khutbah terlebih dahulu. Lain halnya dengan shlat idhul firi, yakni shalat terlebih dahulu baru menjalankan khutbah.

Shalat sunah idhul fitri dikerjakan sebanyak dua rakaat. Pada rakaat pertama setelah takbiratul ihram dan membaca doa iftitah dilanjut dengan takbir sebanyak tujuh kali dan pada rakaat kedua sebanyak lima kali takbir. Dalam setiap takbir tersebut membaca tasbih. Berikut niat shalat sunah idhul adha dan tasbih antara takbir.

Niat shalat idhul fitri

اُصَلِّى سُنَّةَ لِعِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَلى. اللهُ اَكْبَرُ

Ushallii sunnatal li’iidhil fitri rak’ataini lillaahi ta’aalaa. Allaahu akbar

Artinya :

“saya berniat shalat sunah idhul fitri dua rakat karena Allah taala”.

Bacaan tasbih antara takbir

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ

Subhaanallaahi walhamdulillaahi walaailaaha illallaahu wallaahu akbaru

Artinya :

“maha suci Allah, segala puji hanya bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah maha besar.”

Tempat pelaksanaannya untuk shalat sunah idhul fitri itu sendiri dianjurkan dilapangan guna sebagai syiar islam. Namun juga boleh apabila mengerjakannya tidak dilapangan, seperti masjid maupun mushalla dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai shalat sunah idhul fitri, semoga bermanfaat bagi kita semua, khususnya penulis dan pembaca. Apabila ada kekurangan dan kesalahan tentang tulisan ini, mohon masukannya agar lebih baik lagi dalam menulis tentang niat shalat idhul firi dan penjelasannya ini. Wassalam..

Niat shalat idhul fitri dan penjelasannya | admin | 4.5