Bacaan Niat Shalat Jum’at Lengkap Latin dan Artinya

Bacaan Niat Shalat Jumat – ” السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ” Umat muslim khususnya laki-laki yang sudah baligh dan berakal itu diwajibkan melaksanakan ibadah sholat jum’at di masjid pada waktu dzhur, karena sholat dzuhur itu diganti dengan ibadah sholat jumat dan syarat utama melakukan jumaatan itu harus ada 40 jamaah yang membacanya fasih. Dan untuk melengkapi pernyataan tersebut sebagaimana yang sudah ada pada Al-Qur’an dan Hadits berikut ini.

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui. (Al Jumu’ah 62:9)”

Artinya sholat jumat itu adalah pengganti sholat dzuhur di hari jumat, dan pada waktu ini di khususkan bagi Anda sekalian ummat beragama Islam itu berbondong-bondong untuk pergi ke Masjid. Nah berikut ini bacaan niat sholat jumaat lengkap beserta artinya.

Lafadz Niat Sholat Jumat Jadi Makmum

niat sholat jumat

Niat Sholat Jumat Latin

Ushollii fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta’aala.

Artinya :

Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta’ala.

Niat sholat jumaatan yang ada diatas itu adalah khusus bagi orang yang menjadi makmum pada waktu sholat jum’at. Sedangkan untuk menjadi imam niatnya beda lagi, akan tetapi perbedaannya hanya pada lafadz ma’muuman yang diganti dengan bacaan imaaman saja.

Lafadz Niat Sholat Jumat Jadi Imam

niat sholat jumat

Niat Sholat Jumat Latin

Usholli fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta’aala.

Artinya :

Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi imam, karena Allah ta’ala.

Baca juga : Kalimat hauqalah untuk mempermudah rezeki

Hanya itu yang dapat kami sampaikan mengenai bacaan niat sholat jumat lengkap beserta latin dan artinya, dan jangan lupa sebelum kamu pergi menuju masjid untuk melaksanakan sholat jumat, alangkah baiknya kamu mandi dengan membaca niat mandi sholat jumat, karena hal tersebut juga di sunahkan bagi kaum laki-laki yang hendak pergi jumatan.

Bacaan Niat Shalat Jum’at Lengkap Latin dan Artinya | admin | 4.5