Niat shalat sunah Tahiyatal Masjid lengkap dengan arab, latin dan penjelasannya

Assalamulaikum.. Para sahabat pecinta kajian islami, semoga Allah swt. selalu menambah ilmu wawasan pengetahuan kita akan ilmu ajaran islam yang begitu sangat luas sekali ini. Bila pada kesempatan yang dahulu kita telah membahas tentang doa hendak pergi kemasjid, doa memasuki masjid dan etika didalam masjid serta doa keluar dari masjid. Dalam kesempatan kali ini mari kita belajar bersama-sama tentang shalat sunah tahiyatal masjid. Berikut niat shalat sunah tahiyatal masjid lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya.

shalat tahiyatal masjid

Shalat sunah tahiyatal masjid termasuk shalat sunah yang ada namun terasa asing namanya karena sudah tidak banyak lagi yang mengenalkan dan mengajarkannya bahkan mengerjakannya hanya segelintir orang saja itu pun dalam momen-momen tertentu saja, seperti ketika akan mengerjakan shalat jumat. Sungguh miris memang.

Shalat sunah tahiyatal masjid sendiri dikerjakan disetiap kali memasuki masjid karena shalat tahiyatal masjid ini ditujukan untuk menghormati masjid. Sebagai mana yang di sabdakan Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dan imam Muslim sebagai berikut : “apabila salah seorang diantara kamu memasuki masjid maka hendaknya janganlah duduk terlebih dahulu sebelum mengerjakan shalat tahiyatal masjid dua rakaat”.

Niat shalat sunah tahiyatal masjid

اُصَلِّى سُنَّةَ تَّحِيَّةَ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَلَى. اللهُ اَكبَرُ

Ushalli sunnata tahiyyatal masjidi rak’ataini lillaahi ta’aalaa. Allahu akbar

Artinya :

“saya berniat shalat sunah tahiyatal masjid dua rakaat karena Allah ta’ala”

Shalat sunah tahiyatal masjid dikerjakan seperti halnya shalat-shalat lainnya, seperti berdiri, ruku, sujud, duduk, membaca surat fatihah, takbiratul ihram, tahiyat dan lain sebgainya. Namun yang membedakan yiatu niat dan tempatnya yang hanya dilakukan didalam masjid.

Shalat sunah tahiyatal masjid dikerjakan sebanyak dua rakaat saja, waktunya setiap kali memasuki masjid. Bisa karena untuk shalat jamaah fardhu lima waktu, hendak iktikaf, hendak mengadakan halaqah dan lain sebagainya. Shalat sunah tahiyatal masjid dilakukan hanya dimasjid, maka tidak ada shalat sunah tahiyatal selain di masjid seperti di mushala, majelis taklim, rumah dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan tentang shalat tahiyatal masjid, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin. Apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya untuk niat shalat sunah tahiyatal masjid lengap dengan arab, latin, arti dan penjelasnnya ini. Wassalam..

Niat shalat sunah Tahiyatal Masjid lengkap dengan arab, latin dan penjelasannya | admin | 4.5