Niat wudhu dan doa setelah wudhu lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya

Assalamualaikum.. kali ini saya akan membahas tentang niat dan doa setelah wudhu. Wudhu merupakan pekerjaan untuk mnghilangkan hadas kecil. Wudhu bisa menjadi wajib bila di kerjakan untuk perkara wajib, seperti hendak memegang al-Quran, sholat dan lain sebagainya. Wudhu juga boleh di kerjakan untuk perkara sunnah, seperti melanggengkan wudhu, hendak tidur, hendak belajar dan lain sebagainya. Berkut niat wudhu dan doa setelah wudhu.

niat wudhu

Hendaknya sebelum wudhu agar membersihkan anggota tubuh dari kotoran maupun najis, begitupun pakaiannya juga. Menghilangkan terlebih dahulu benda-benda yang menghalangi air wudhu mengenai kulit anggota wudhu, seperti tinta, cat kuku, tato, minyak dan lain sebagainya.

Doa Niat Berwudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

“Nawaitul wudhu a liraf’il hadatsil asghari fardhal lillaahi ta’alaa”
Artinya :
“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah ta’ala”

Kita berniat melakukan wudhu dengan tujuan menghilangkan hadats kecil, seperti kentut, berak, kencing, tidur, hilang ingatan, bersentuhan kulit dengan lawan jenis.

Niat letaknya di hati maka niat ini ketika kita mambasuh wajah yang pertama. Boleh mengucapkan niat wudhu sebelum membasuh wajah tetapi tetap ketika membasuk wajah harus niatkan dalam hati niat tersebut.

Doa Setelah Berwudhu

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

“Asyhadu allaa ilaha illallaah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu warasuluh. Allahummaj’alnii minattawwabiina waj’alnii minal mutathahhiriin”

Artinya :

“Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan saya bersaksi bahwa Muhammad hamba-Mu dan utusan-Mu. Wahai Allah jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang ahli taubat dan jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang ahli bersuci”

Setelah berwudhu kita memohon agar kita menjadi bagian dari orang-orang yang ahli taubat dan ahli orang-orang yang bersuci.

Setelah berwudhu kita berdiri berdoa menghadap kiblat, ketika berada di dalam kamar mandi maka berdoanya di luar kamar mandi.

Semoga bermanfaat, apa bila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya tentang niat dan doa setelah wudhu ini.

Niat wudhu dan doa setelah wudhu lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya | admin | 4.5