Penyebab Doa Belum Terkabul

Assalamualaikum.. Para sahabat kita bertemu lagi dalam majelis ilmu ini. Mari kita belajar bareng-bareng untuk mendapatkan keridhoan Allah SWT dengan menambah wawasan kita tentang pemahaman dalam berdoa. Tentu siapapun orang pasti menginginkan sesuatu yang ada di dunia ini ataupun kebaikan kelak di akhirat nanti. Terkadang kita nggan untuk berdoa karena merasa semua apa yang kita inginkan telah kita miliki, terkadang juga kita berdoa tetapi tidak dikabul-kabulkan oleh Allah sehingga kita behenti berdoa kepada Allah. Mari kita berintropeksi diri, manusia tidak luput dari lupa dan salah, mungkin kita pun banyak salah maupun dosa yang kita lakukan selama ini. Kesemuannya itu bisa jadi karena kita melakukan apa di tulis di bawah ini tentang penyebab doa belum di kabul.

doa belum terkabul

Di ceritakan dalam kitab Hayat al-Qulub karya Abu Ishaq/Ibrahim bin Adham bahwa doa kita belum di kabulkan oleh Allah bisa jadi karena kita telah mati dalam sepuluh perkara, yaitu :

  1. Mengetahui siapa Allah tetapi kita tidak menunaikan hak-Nya, mengaku mencintai Allah tetapi tidak melaksanakan apa yang Allah perintahkan kepada kita.
  2. Sering membaca al-Quran tetapi tidak mengamalkannya dalam kehidupan keseharian kita. Bahkan al-Quran hanya dijadikan hiasan dalam rumah sebagai bukti bahwa kita ini muslim.
  3. Mengaku mencintai Nabi tetapi tidak melaksanakan apa-apa yang di perintahkan Nabi dan tidak mengamalkan sunnah-Nya.
  4. Mengaku memusuhi setan tetapi kenyataanya kita sendiri berteman dan mengkuti perintah setan.
  5. Mengaku menginginkan surga tetapi kita sendiri tidak melaksanakan amalan yang menyebabkan kita bisa masuk kedalam surga tersebut.
  6. Mengaku tidak mau dan tidak kuat dengan pedihnya siksa neraka tetapi kita sendiri tidak malah berbuat yang menyebabkan kita terjerumus kedalam siksa neraka tersebut.
  7. Mengaku bahwa kematian sesuatu yang pasti terjadi menimpa setiap orang termasuk dirinya sendiri tetapi kita terkadang masih belum siap menghadapi kematian tersebut.
  8. Sibuk dengan mengurusi aib/keburukan orang lain sampai lupa bahwa kita memiliki aib juga bahkan mungkin lebih besar aibnya dari orang yang kita bicarakan aibnya.
  9. Menikmati apa-apa yang telah Allah berikan kepada kita tapi lupa untuk bersyukur akan nikmat itu bahkan enggan untuk bersyukur, sampai kita merasa sombong bahwa semua itu hasil dari jerih payahnya.
  10. Turut serta dalam menguburkan mayit tapi kita tidak mengambil hikmah dari semua itu.

Semoga kita tidak termasuk dalam kategori yang di sebutkan di atas dan semoga kita juga menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, aamiin. Semoga keterangan di atas ada manfaatnya, apa bila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya untuk penyebab doa belum terkabul ini. Wassalam..

Penyebab Doa Belum Terkabul | admin | 4.5