Shalat sunah Awwabin lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya

Assalamualikum.. Para sahabat yang dirahmati Allah, alhamdulillah kita bertemu kembali dalam mencari ridha Allah dengan cara belajar mengenai agama islam yaitu shalat. Para sahabat, ternyata shalat itu bukan hanya shalat fardhu lima waktu saja, seperti shalat maghrib, shalat isya, shalat shubuh, shalat dzhuhur dan shalat ashar. Akan tetapi ternyata ada juga shalat lainnya, yaitu shalat sunah. Shalat sunahpun ternayat ada banyak, ada yang karena sesuatu seperti shalat gerhana, shalat sunah qabliyah dan bakdiyah, shalat sunah dhuha dan lain sebagainya. Diantara sekian banyak shalat sunah yang ada, ada pula yang disebut dengan shalat sunah Awwabin. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pemaparannya tentang shalat sunah awwabin lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya sebagai berikut ini.

shalat awwabin

Shalat sunah Awwabin yaitu shalat sunah yang dikerjakan setelah shalat maghrib. Biasanya setelah shalat maghrib ada shalat sunah yaitu shalat sunah bakdiyah dua rakaat lalu dilanjut dengan shalat sunah Awwabin. Jadi waktu shalat sunah awwabin yaitu ada didalam waktu maghrib.

Shalat sunah awwabin dalam mengerjakannya sebanyak enam rakaat atau tiga kali shalat dengan satu kali salam. Boleh juga mengerjakannya hanya dua rakaat saja atau empat rakaat saja, namun kurang sempurna karena tidak mengerjakan semuanya yaitu enam rakaat.

Tata cara mengerjakan shalat sunah awwabin

Dalam mengerjakan shalat sunah awwabin pada dasarnya sama seperti shalat-shalat lainnya, yaitu takbiratul ihram, berdiri, membaca surat fatihah, ruku, iktidal, sujud, duduk, tasyahud dan salam. Namun ada beberapa yang sedikit berbeda dalam pelaksaannya yaitu

  • disetiap kali shalat pada rakaat pertama setelah membaca surat fatihah dilanjut dengan membaca surat al-Ikhlash enam kali, membaca surat al-Falaq satu kali dan membaca surat an-Nas satu kali. Demikian pula pada rakaat kedua, dikerjakan sama bacaannya seperti rakaat pertama.
  • Shalat sunah awwabin yang kedua setelah membaca surat fatihah dilanjut membaca surat lainnya, bebas, mana saja yang dikehendaki. Tentunya yang kita hafal, baik pada rakaat pertama maupun pada rakaat yang kedua.
  • Shalat sunah awwabin yang ketiga setelah membaca surat fatihah pada rakaat kedua dilanjut dengan membaca surat al-Kafirun. Sedangkan pada rakaat keduanya setelah membaca surat alfatihah dilanjut dengan membaca surat al-khlash.

Niat shalat sunah awwabin

اُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ صَلَاةَ الْاَوَّابِيْنَ سُنَّةً للهِ تَعَلَى. اللهُ اَكْبَرُ

Ushallii rak’ataini shalaatal awwaabiina sunnatal lillaahi ta’aalaa. Allahu akbar

Artinya :

“Saya berniat shalat sunah awwabin karena Allah taala”.

Demikian penjelasan mengenai shalat sunah awwabin, semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi penulis maupun bagi pembaca. Apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya untuk niat shalat sunah awwabin lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya ini. Wassalam..

Shalat sunah Awwabin lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya | admin | 4.5