Shalat sunah Muthlaq lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya

Assalamualikum.. Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah Swt. semata, Tuhan semesta alam. Shalawat beserta salam selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad Saw. Nabi akhir zaman, juga kepada keluarganya, sahabatnya maupun para pengikutnya. Para sahabat yang berbahagia yang selalu mencari ilmu agama kapan pun dan dimana pun karena mencari ilmu itu fardhu ain, sejak lahir sampai kita dikubur. Pada kesempatan kali ini perkenankan penulis mau berbagi mengenai tentang salah satu shalat sunah muthlaq lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya.

shalat muthlaq

Shalat sunah Muthlaq merupakan salah satu shalat-shalat sunah yang ada, namun tidak sedikit kaum muslimin yang tidak mengetahuinya apa lagi sampai mengerjakannya karena minimnya para tokoh agama yang mengenalkan shalat sunah Muthlaq ini. Biasanya kita hanya mengenal shalat sunah itu tidak jauh-jauh dari shalat sunah qabliyah-bakdiyah, shalat sunah dhuha dan shalat sunah tahajud saja.

Shalat sunah Muthlaq yaitu shalat sunah yang dikerjakan bukan karena ada sebab ataupun karena adanya suatu hal, jadi mengerjakannya bebas kapan saja tanpa terikat oleh waktu maupun sebab dan akibat, baik pagi hari, siang hari, sore hari maupun malam hari. Yang penting mengerjakannya bukan diwaktu yang dilarang untuk mengerjakan shalat, seperti keterangan dibawah ini ;

  1. setelah shalat ashar sampai waktu maghrib
  2. setelah shalat shubuh sampai masuk waktu dhuha
  3. saat matahari mulai muncul sampai masuk waktu dhuha
  4. saat matahari mulai tenggelam sampai tenggelam sempurna
  5. saat matahari sedang berada tepat diatas langit samapai bergeser beberapa senti

Adapun pelaksanaanya yaitu dikerjakan tidak terbatas bilangan namun dikerjakan dua rakaat dengan satu kali salam. Niat shalat sunah muthlaq pun tidak terikat dengan hal-hal tertentu maupun sebab dan akibat tertentu, jadi niatnya hanya benar-benar niat shalat sunah saja.

Niat shalat sunah Muthlaq

اُصَلِّى سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَلَى. اللهُ اَكبَرُ

Ushallii sunnatan rak’ataini lillaahi ta’aalaa. Allahu akbar

Artinya :

“saya berniat shalat sunah dua rakaat karena Allah taala”.

Semoga dengan kita mempelajari dan mengamalkan shalat sunah muthlaq ini banyak pula orang lain yang mengerjakannya sehingga banyak mengenal apa itu shalat sunah muthlaq.

Demikian penjelasan mengenai shalat sunah muthlaq, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin. Apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penjelasan shalat sunah muthlaq lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya ini mohon masukannya demi kebaikan kita bersama. Wassalam..

Shalat sunah Muthlaq lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya | admin | 4.5