Shalat sunah Tasbih lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya

Assalamualaikum.. Alhamdulillah rabbil ‘alamiin. Puji syukur kehadirat Allah Swt. Shalawat beserta salam selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad Saw. Sahabat, didalam kehidupan ini kita harus selalu ingat kepada Allah, entah itu diwaktu siang maupun diwaktu malam. Oleh karenanya kita dianjurkan untuk selalu berdzikir kepada Allah Swt. Diantara sekian banyak dzikir yang populer yaitu tasbih, yang berbunyi subhanallah, mensucikan Allah dari segala sesuatu yang merusak-Nya. Bahkan dalam ajaran islam pun kita diajarkan tentang salah satu shalat yang disebut dengan shalat sunah tasbih. Oleh karenanya mari kita belajar bersama-sama tentang shalat sunah tasbih lengkap dengan dengan arab, latin, arti dan penjelasannya berikut ini.

shalat tasbih

Para sahabat yang budiman. Shalat sunah tasbih yaitu shalat sunah yang ditunjukan agar kita memperbanyak berdzikir atau bertasbih kepada Allah Swt. didalam shalat sunah tesebut dengan cara-cara tetentu. Sehingga dalam mengerjakan shalat sunah tasbih yang berjumlah empat rakaat dengan dua rakaat satu kali salam (dua kali shalat).

Niat shalat sunah tasbih

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَلى. اللهُ اَكْبَرُ

Ushallii sunnatat tasbiihi rak’ataini lillaahi ta’aala. Allahu akbar

Artinya :

“saya berniat shalat sunah tasbih dua rakaat karena Allah taala”.

Tata cara shalat sunah tasbih

Dalam melaksanakan shalat sunah tasbih pada umumnya sama seperti shalat-shalat lainnya, seperti berdiri, ruku, sujud, duduk dan lain sebagainya. Namun ada beberapa hal yang berbeda dalam bacaan yang dibaca didalam shalatnya. Seperti penjelasan dibawah ini :

  • Pada setiap rakaat setelah membaca al-Fatihah dan surat lainnya, dalam keadaan masih berdiri dilanjut membaca tasbih sebanyak lima belas (15) kali.
  • Kemudian ruku. Setelah membaca bacaan ruku dan masih dalam keadaan ruku dilanjut dengan membaca tsih sebanyak sepuluh (10) kali.
  • Kemudian bangun ruku dan iktidal. Setelah membaca bacaan iktidal dan dalam posisi masih bediri dilanjut membaca tasbih sebanyak sepuluh kali (10) kali.
  • Kemudian sujud. Setelah membaca bacaan sujud dan masih dalam posisi sujud dilanjut dengan membaca tasbih sebanyak sepuluh (10) kali.
  • Kemudian bangun dari sujud untuk duduk diantara dua sujud. Setelah membaca bacaan duduk diantara dua sujud dan masih dalam keadaan duduk dilanjut membaca tasbih sebanyak sepuluh (10) kali.
  • Kemudian sujud kedua kalinya dan cara maupun bacaanya juga sama seperti sujud yang pertama.
  • Setelah sujud kedua kemudian bangun untuk bediri. Sebelum berdiri dari sujud, duduk terlebih dahulu dan membaca tasbih sebanyak sepuluh (10) kali.
  • Untuk rakaat kedua sama seperti halnya pada rakaat pertama, akan tetapi setelah sujud kedua dan mambaca bacaan sujud dan tasbih sepuluh kali terus bangun dan duduk langsung dilanjut dengan bacaan tahiyat, tanpa membaca tasbih lagi. Begitu pun setelah bacaan tahiyat usai, tanpa ada bacaan tasbih lagi, langsung salam saja.

Shalat sunah tasbih termasuk shalat sunah yang sangat dianjurkan, entah itu mengerjakannya setiap hari sekali, setiap minggu sekali, setiap bulan sekali, setiap tahun sekali atau bahkan seumur hidup sekali saja. Seperti yang disabdakan Nabi berdasarkan Hadits Riwayat Abu Dawud.

Bacaan tasbih

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ اِلَّابِاللهِ الْعَلٍيِّ الْعَظِيْمِ

Subhaanallaahi walhamdulillaahi walaailaaha illallaahu wallaahu akbaru walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azdiimi.

Artinya :

“maha suci Allah, segala puji hanya bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah maha besar dan tiada daya serta upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha luhur”.

Demikian penjelasan tentang shalat sunah tasbih, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin. Apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam keterangan ini, mohon masukannya untuk niat shalat sunah tasbih lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasnnya ini. Wassalam..

Shalat sunah Tasbih lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasannya | admin | 4.5