Shalat sunah taubat lengkap arab, latin, arti dan penjelasannya

Assalamualikum.. Alhamdulillah kita bertemu lagi para sahabat. Semoga pertemuan ini merupakan washilah untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Para sahabat yang dirahmati Allah, dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa terlepas dari apa yang dinamakan dengan maksiat. Baik berupa tidak mnejalankan perintah Allah Swt, melanggar larangan dari Allah Swt. maupun tidak menuruti perintah orang tua. Yang kesemuaannya itu menjadikan kita semakin menambah dosa-dosa kita setiap harinya. Belum lagi ditambah dengan dosa-dosa kecil yang sangat mudah kita perbuat, bahkan kita sendiri pun tidak menyadarinya akan perbuatan dosa tersebut. Terkadang kita merasa menyepelekan dosa kecil tersebut sehingga kita menganggap tidak terlalu penting untuk bertaubat. Padahal dosa kecil bila sering dikerjakan setiap saat, setiap waktu, setiap hari dan seterusnya tentu hal itu akan menjadi dosa besar yang luar biasa. Oleh karenanya pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang shalat sunah taubat. Berikut penjelasan tentang niat shalat sunah taubat lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasnnya.

shalat taubat

Shalat sunah taubat merupakan wujud dari kesadaran dan keinginan kita berhenti dan merasa bersalah dari perbuatan kemaksiatan yang kita lakukan. Biasanya shalat sunah taubat dilakukan setelah berbuat salah, dosa atau maksiat kepada Allah atau membangkang terhadap orang tua seperti halnya lalai mengerjakan kewajiban perintah agama, berbuat aniaya terhadap sesama, melakukan perbuatan seperti zina, mabuk, mencuri dan lain sebagainya. Setelah berbuat seperti itu kita sadar lalu meminta maaf kepada Allah, juga meminta maaf tehadap orang yang kita zdalimi dengan berbuat baik juga beristighfar dan ditambah dengan shalat sunah taubat.

Nabi Muhammad Saw. pun yang dijamin masuk surga, yang tidak memiliki dosa, yang apabila Nabi berbuat khilaf secara otomatis Allah seketika memaafkannya saja setiap hari selalu beristighfar sebanyak seratus (100) kali. Padahal nabi itu maksum, terbebas dari salah dan dosa. Apa lagi kita umat Nabi Muhammad yang jauh dari masa beliau tentu harus lebih banyak lagi dalam beristighfar karena kita tidak maksum.

Taubat juga ada kalanya saat itu bertaubat tapi dilain waktu dia mengulangi kesalahanya lagi. Ada pula orang yang saat itu bertaubat dan selamanya tidak mengulangi kesalahannya lagi, yang disebut dengan taubat nasuha. Taubat yang benar-benar taubat, bahkan bukan hanya dirinya saja yang betaubat tetapi juga mengajak orang lain untuk sadar dari kesalahan yang selama ini diperbuatnya.

Niat shalat sunah taubat

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَلى. اللهُ اَكْبَرُ

Ushallii sunnatat taubati rak’ataini lillaahi ta’aala. Allaahu akbar

Artinya :

“saya berniat shalat sunah taubat dua rakaat karena Allah taala”.

Tata cara mengerjakan shalat sunah taubat

Dalam melaksanakanya, shalat sunah taubah sama seperti halnya shala-shalat sunah lainnya. Beitu pun pada shalat sunah taubat, yaitu paling sedikit dikerjakannya dua rakaat dengan satu kali salam, paling banyak enam rakaat dengan tiga kali salam. Jadi tiga kali shalat.

Hukum mengerjakan shalat sunah taubat

Hukum mengerjakan shalat sunah tuabat yaitu sunah muakad. Maksudnya shalat sunah yang sangat dianjurkan. Seperti sabda Nabi Muhammad Saw. “tidak ada orang yang pernah berbuat dosa kemudian bergerak dan berwudhu lalu mengerjakan shalat selanjutnya memoho ampunan kepada Allah, kecuali Allah pasti akan memberikan ampunan baginya”. (H.R. Imam Abu Dawud, an-Nasai, Ibnu Majah dan Imam Baihaqi).

Demikian pejelasan mengenai niat shalat sunah taubat, semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi para pembaca, aamiin. Semoga kita termasuk orang yang ahli taubat dan menjauhi segala larangan Allah dan menjalankan segala perintah-Nya.

Apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya untuk niat shalat sunah taubat lengkap dengan arab, latin, arti dan penjelasnnya ini.

Shalat sunah taubat lengkap arab, latin, arti dan penjelasannya | admin | 4.5