Susah tidur? baca doa ini untuk mengatasinya

Sebagai makhluk sosial, manusia bisa dikatakan makhluk yang banyak aktivitasnya. Yang jadi guru, dia akan sibuk dengan aktivitas di sekolahan, mulai dari mengajar, menghadapi murid-murid yang bandel, terkadang juga rapat. Yang jadi dosen, dia akan sibuk dengan segala macam aktivitas kampusnya, memantau presentasi mahasiswa, menguji mahasiswa yang hendak munaqosyah, rapat dengan ketua jurusan dan staf-staf kampus lainnya. Yang jadi kyai, dia akan disibukkan dengan terus mengajar santrinya, mematau dan lain sebagainya. Yang menjadi pegawai perkantoran, mungkin akan disibukkan dengan segala macam urusan kantornya. Intinya, semua manusia akan sibuk di bidang masing-masing.

Tapi untuk yang masih pengangguran, wallahu a’lam,,,, hehehe. Semoga saja bisa mendapatkan pekerjaan,, amiiin

Bagi yang mempunyai aktivitas banyak, janganlah dipaksakan bekerjanya manakala sudah terasa letih. Berhentilah sejenak, istirahat, makan, kalau waktunya sholat maka kerjakan. Sangat berbahaya jika kondisi yang sudah tidak memungkinkan tapi tetap dipaksa bekerja. Karena akan berdampak pada kesehatan yang akan memburuk. Jika sudah demikian, nanti siapa yang rugi? jawabannya pasti diri sendirilah yang akan menanggungnya.

Tapi terkadang ada suatu masa yang mana dalam masa tersebut kita sangat susah istirahat, apalagi sampai tidur. Hal ini dalam bahasa kedokterannya disebut dengan insomia.

Sebagai seorang muslim, tentunya kita mempunyai harapan pada Tuhan untuk berdoa kepadanya agar dimudahkan dalam menghadapi gejala tersebut.

Pengen tahu bagaimana doanya? hehe,, okke, next ya bacanya!

Berikut ini adalah resep doa yang mana bila diamalkan akan membawa kemudahan tidur bagi orang yang terkena gejala insomia (dengan izin Allah), lengkap dengan teks Arab, latin, dan terjemahnya.

اَللهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنُوْمٌ، يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ
ALLAHUMMA GHARATIN NUJUM WA HADAATIL ‘UYUN, WA ANTA HAYYUN QAYYUM, LA TAKKHUZUKA SINATUN WALA NAUMUN. YA HAYYU YA QAYYUM, AHDI’ LAILI WA ANIM ‘AINI

Artinya :
Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah memejam dan Engkau Maha Hidup lagi Maha Terus-menerus mengurus makhluk. Tidak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku.

Ada doa lain yang dianjurkan oleh Rasulullah manakala kita sulit tidur. Berikut ini doanya:

اعوذ بكلمات الله التامات من غضبه ومن شرعباده ومن همزات الشياطين وان يحضرون
A’UUDZU BIKALIMAATILLAHIT TAAMMAATI MIN GHODLOBIHI WA MIN SYARRI ‘IBAADIHI WA MIN HAMAZAATISY SYAYAATIINA WA AYYAHDLURUUN

 Artinya :
Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari keburukan hamba-hamba-Nya, serta dari berbagai godaan syetan dan kehadirannya

Susah tidur? baca doa ini untuk mengatasinya | Shohibul Azka | 4.5