Waktu shalat fardhu lima waktu terlengkap

Assalamualaikum.. Alhamdulillah puji syukur kita haturkan kepada Allah SWT akan semua karunia dan limpahan segala kenikmatannya. Sahabat, sering dong mengerjakan shalat fardhu lima waktu tapi selama ini kita mengerjakan hanya berpatokan bila sudah berkumandang adzan atau berpatokan pada jam saja. Lantas bagaimana bila tidak ada yang adzan atau tidak ada jam. Tentu kerepotan juga. Baik kali ini saya bagikan waktu shalat, banyak keterangan dari berbagai literatur klasik kitab fiqih, namun saya mengambilnya dari kita “Safinatun najah” tentang waktu shalat fardhu lima waktu.

waktu shalat

Shalat fardhu harus dikerjakan didalam waktu shalatnya, ketika shalat fardhu dikerjakan diluar waktu shalat maka shalatnya tidak sah. Kecuali bila ada faktor tertentu yang mengakibatkan shalat fardhu dikerjakan diluar ketentuan waktu shalat, seperti tertidur, shalat jama’, shalat jama’ qashar, qadha. Didalam kita “Safinatun najah”  kita akan berpatokan dengan matahari sebagai penentu awal dan akhir dari masing-masing waktu shalat. Bila tidak ada matahari boleh juga melihat di kalender, biasanya ada keterangan waktu shalat, boleh melihat jam. Bila semua itu susah didapat karena ditengah hutan yang gelap, atau sedang hujan atau lain sebagainya maka gunakanlah pendapat sendiri yaitu dengan berusaha berfikir untuk menentukan waktu shalat sendiri. Berikut waktu-waktunya :

Waktu maghrib :

Waktu maghrib diawali dengan berakhirnya shalat ashar, yaitu ketika matahari terbenam sempurna diufuk barat. Matahari benar-benar tidak kelihatan karena sudah tenggelam dibelahan bumi bagian barat. Setelah itu akan muncul dilangit awan berwarna merah/jingga (mega merah). Warna merah ini sendiri dari cahaya matahari yang redup namun masih mengenai awan tersebut. Setelah awan merah/jingga tersebut mulai redup dan menghilang maka waktu maghrib sudah habis.

Waktu isya’ :

Waktu isya’ diawali dengan berakhirnya waktu shalat maghrib, yaitu ketika awan merah/jingga (mega merah) dilangit sudah hilang. Berakhir ketika muuncul fajar shadiq, yaitu fajar yang kedua ditandai dengan cahaya yang menerangi langit. Cahaya ini berasal dari matahari yang akan segera muncul. Perlu diketahui juga bawa fajar yang pertama yaitu fajar kidzib, fajar yang ditandai dengan cahaya memanjang dilangit dan ini bukan akhir dari shalat shubuh. Maka jangan tertipu dengan fajar kidzib ini, sehingga dinamakan demikian karena kita bisa tertipu atau dibohongi oleh fajar tersebut karena hampir menyerupai fajar shadiq.

Waktu shubuh :

Waktu shubuh dimulai sejak berakhirnya waktu isya’, yaitu ketika muncul fajar shadiq sampai munculnya matahari di ufuk timur. Fajar shadiq sendiri muncul sebagai tanda bahwa akan segera muncul matahari dari timur.

Waktu zduhur :

Waktu zduhur tidak dimulai dari habisnya waktu shubuh karena antara shubuh dan zhuhur tidak ada waktu shalat fardhu lima waktu. Awal waktu zduhur yaitu ketika matahari berada ditengah-tengah dengan garis lurus keatas, vetikal. Lebih spesifiknya yaitu suatu benda memiliki bayangan sedikit karena matahari sedikit condong kearah barat. Akhir dali waktu zduhur yaitu ketika panjang bayangan benda sama dengan tinggi benda tersebut karena matahari condongnya mulai agak jauh.

Waktu shalat ashar :

Waktu shalat ashar dimulai sejak berakhirnya waktu shalat zduhur, yaitu ketika panjang bayangan benda sudah sama dengan tinggi benda tersebut. Berakhir dengan tenggelam sempunanya matahari diufuk barat. Matahari benar-benar sudah tidak kelihatan.

Dengan demikian waktu shalat dengan durasi terpendek yaitu shubuh dan zduhur, bila di Indonesia lamanya waktu kedua shalat ini sekitar satu jam. Sedangkan waktu shalat yang cukup lama yaitu zduhur dan ashar, bila di Indonesia lamanya waktu kedua shalat tersebut yaitu sekitar tiga jam. Sedangkan waktu isya’ adalah waktu shalat yang paling lama, yaitu bila di Indonesia sekitar sembilan jam. Tentu dalam hal ini ditiap-tiap masing wilayah/negara durasi waktu shalat sangat berfariativ, berbeda-beda karena faktor geografisnya. Bisa sama, lebih lama atau bahkan lebih pendek dari Indonesia.

Demikian penjelasan mengenai waktu shalat, semoga bermanfaat. Apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon masukannya untuk waktu shalat fardhu lima waktu ini. Wasslama..

Waktu shalat fardhu lima waktu terlengkap | admin | 4.5